Shopping Cart

Tungau Kasur atau Tungau Debu Rumah? Ini Penjelasannya!

Posted by HydroClean Indonesia on
Vacuum tungau sedot tungau hydroclean Jabodetabek, Karawang, Cikarang, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Palembang, Pekanbaru, Medan

Apa bedanya tungau kasur dan tungau debu rumah? Ternyata, keduanya adalah istilah yang berbeda namun merujuk pada satu jenis tungau yang hidup di dalam rumah manusia. Lalu mengapa ada dua perbedaan sebutan ini?

Tentang Tungau

Tungau rumah adalah hewan mikroskopis yang hidup dengan memakan serpihan kulit mati manusia yang biasanya terjatuh pada kasur springbed, kasur busa, kasur lipat, karpet ruang tamu ataupun sofa. Itu sebabnya tungau berhabitat di lingkungan rumah manusia. Karena ukurannya yang mikroskopis, tungau tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. 

Meski terdengar tidak berbahaya, namun kotoran tungau mampu memicu sejumlah gejala alergi seperti gatal-gatal, pilek hingga memperparah penderita asma. Sayangnya, gejala tungau ini sering disalahpahami sebagai gangguan kutu.

Padahal, kutu dan tungau sangat berbeda. Kutu bisa dilihat dengan jelas dan bisa dibasmi dengan pestisida, sedangkan tungau tidak.

Beda Tungau Kasur dan Kutu Kasur

Baca juga: Jangan Salah! Ini Bedanya Kutu dan Tungau, Beda Penanganan Juga!

Lalu bagaimana dengan kutu kasur? Apakah sama dengan tungau kasur? 

Terdapat beragam jenis kutu yang hidup di bumi, ada kutu kasur, kutu rambut dan juga kutu pada hewan. Sering juga kita temui kutu pada tanaman dan bahan makanan, misalnya beras. Nah, kalau tungau kasur sebenarnya sama dengan tungau yang sudah dijelaskan di awal tadi. Disebut tungau kasur karena banyak ditemui di kasur, khususnya kasur springbed, kasur busa, dan kasur lipat.

Tidak berhenti pada furnitur kasur saja, tungau juga bisa hidup di area rumah yang hangat dan lembab, seperti sofa dan karpet. 

Beda Tungau Kasur dengan Tungau Lain?

Tungau yang biasa hidup di dalam rumah, atau yang sering disebut tungau kasur, berbeda dengan jenis tungau lain seperti tungau merah (Tetranychus urticae), tungau jingga (Brevipalpus phoenicis) dan tungau kuning. Ketiga tungau tersebut tidak hidup pada kasur lipat, sofa kulit, maupun karpet pada rumah tetapi yang merupakan jenis hama pada tanaman.

Tungau yang ada di rumah memiliki nama lengkap tungau debu rumah atau house dust mite (Dermatophagoides pteronyssinus), yang memiliki ciri yang berbeda dengan kutu, termasuk jenis tungau yang lain. Tungau debu rumah bukan parasit merugikan yang mengambil untung dari menyerang inangnya.

Tungau debu rumah hanya memakan serpihan kulit mati manusia yang terjatuh pada kasur, sofa, ataupun karpet. Namun, secara tidak langsung merugikan manusia karena kotorannya mengandung Tropomyosin yang merupakan alergen (pemicu alergi). 

Cara Membersihkan Tungau Kasur

Baca juga: Ini Cara Mengatasi Alergi Akibat Tungau pada Soft Furniture

Tungau debu rumah atau tungau kasur memang susah-susah gampang diatasi karena fisiknya tidak terlihat. Bahkan, pestisida tidak bisa menangkal laju perkembangbiakan tungau, karena tungau memang akan selalu ada selama ada manusia yang beraktivitas dan menjatuhkan serpihan sel kulit matinya. 

Wujud tungau (bangkai dan kotorannya) sebenarnya termanifestasi dalam bentuk debu yang ada di rumah, yang juga terdiri dari: serpihan sel kulit mati manusia, bulu hewan peliharaan, dan lainnya. 


Seorang Allergist, Jonathan A. Bernstein, MD, dari University of Cincinnati menyatakan cara terbaik untuk mengatasi tungau adalah dengan vacuum soft furniture secara berkala dan mengendalikan kelembaban di rumah. Pilihlah jasa vacuum profesional untuk hasil pembersihan tungau yang maksimal, supaya kasur tetap nyaman untuk ditiduri dan bangun lebih berenergi. 

Older Post Newer Post