Shopping Cart

Pemicu Alergi di Rumah, Tungau yang Paling Banyak!

Posted by HydroClean Indonesia on
Vacuum tungau sedot tungau hydroclean Jabodetabek, Karawang, Cikarang, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Palembang, Pekanbaru, Medan

Untuk orang-orang yang punya alergi terhadap serbuk atau debu, lebih nyaman berkegiatan di dalam rumah karena kondisi di luar rumah yang kurang kondusif akibat polusi dan lainnya.


Ternyata, di dalam rumah juga tidak lebih kondusif dari di luar, apalagi jika rumah tidak sering dibersihkan. Soalnya, di dalam rumah ada sejumlah alergen atau penyebab alergi yang bahkan sering tidak disadari dan skipped saat bersih-bersih rumah. 


Selain itu, di dalam rumah juga sama berpolusinya dengan di luar rumah, lho. Lengkapnya bisa dibaca di sini. Lalu, apa saja penyebab alergi yang ada di rumah dan bagaimana mengatasinya?


Baca juga: Polusi Udara di Dalam Rumah, Memangnya Ada?

 

1. Serbuk Sari


Serbuk sari atau serbuk dari tumbuhan seperti pohon, bunga dan rumput bisa memicu alergi seperti rhinitis hingga asma. Bila Anda menanam tanaman di rumah, serbuk sari akan banyak beterbangan apalagi di musim penghujan. Penyaring udara akan sangat membantu menyaring udara di dalam rumah. Anda juga bisa membilas larutan saline secara teratur ke hidung Anda.

 

2. Bulu-bulu Hewan Peliharaan


Sangat menyenangkan, ya, punya hewan peliharaan. Tingkahnya seringkali menggemaskan. Tapi, tantangan terbesarnya adalah membersihkan zat sisa mereka termasuk bulu-bulunya. Setuju? Apalagi jika Anda alergi bulu hewan. 


Anda bisa mencegahnya dengan memilih hewan peliharaan yang sedikit berbulu. Jika sudah terlanjur memiliki, Anda bisa rutin menyikat dan memandikan hewan peliharaan agar meminimalisir bulu yang rontok.

 

3. Jamur


Rumah juga bisa jamuran? Iya, jika kelembaban udara di rumah tidak dikontrol dengan baik. Apalagi, kita tinggal di iklim tropis dengan kelembaban geografisnya yang cukup tinggi. Rumah yang lembab dan tertutup bisa jadi tempat tumbuhnya jamur, yang mengakibatkan udara di dalam rumah bau apek dan pengap.


Baca juga: Udara Lembab, Zona Nyaman Bakteri dan Virus

Kelembaban udara di dalam rumah bisa diatasi dengan menyalakan dehumidifier, misalnya AC, untuk mengurangi kadar air di udara rumah. Membuka jendela dan ventilasi udara juga siasat terbaik. Anda juga bisa memanfaatkan jasa sinar UV MicroTech-Ray yang juga dapat berfungsi sebagai dehumidifier.

Pesan jasa MicroTech-Ray di sini

 

4. Kecoak


Kotoran kecoa juga ternyata adalah alergen atau pemicu alergi sebenarnya yang ada di dalam rumah. Berukuran sangat kecil sehingga mudah beterbangan saat Anda menyapu rumah. Karena itu, cara terbaik mengatasi alergen ini adalah membasmi hama kecoa dengan pestisida. Selain itu cegah kecoa di rumah dengan membersihkan sampah dan sisa makan setiap ada yang kotor.

 

5. Debu


Debu adalah pemicu alergi utama di udara, yang ada di dalam rumah dan di luar rumah. Debu di luar rumah berasal dari proses disintegrasi benda padat yang kemudian terbawa udara. Sedangkan debu di dalam rumah berasal dari serpihan kulit mati manusia dan hewan peliharaan, serta kotoran tungau! Alergen inilah yang paling banyak ada di rumah.


Baca juga: Apa Itu Tungau Debu Rumah? Kenali Lebih Dalam, Yuk!  

Zat protein pada kotoran tungau bisa jadi pemicu alergi, terutama bagi orang yang sensitif. Bayangkan jika ada setumpuk debu di kasur kita, berapa banyak kotoran tungau yang ada di dalamnya? Apalagi, tungau dan kotorannya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang karena berukuran mikroskopis, yang tentu mudah sekali terhirup oleh manusia.


Cara terbaik untuk membasmi tungau dan kotorannya adalah dengan vacuum. Vacuum akan dapat membersihkan kasur dan soft furniture lainnya dari debu dan tungau tanpa membuatnya beterbangan di udara. Selain itu vacuum juga aman untuk kasur dan soft furniture karena metodenya dry cleaning. Kasur dan soft furniture harus dihindari dari air. 


Baca juga: Mengapa Harus Vacuum? Jangan Asal Cuci Kasur!

Vacuum profesional terpercaya HydroClean

Layanan sedot tungau dan debu di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Cikarang, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Palembang, Pekanbaru, dan Medan.

HydroClean adalah jasa vacuum debu dan tungau yang 100% kering dan bebas bahan kimia. Layanan HydroClean untuk jasa vacuum debu dan tungau pun sudah dapat di pesan di 17 kota besar di Indonesia,  yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Cikarang, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Palembang, Pekanbaru, dan Medan. Pilihlah jasa sedot tungau yang profesional!




Older Post Newer Post