Shopping Cart

Lacak Keberadaan Tungau dari Tanda-Tanda Ini

Posted by HydroClean Indonesia on
Lacak Keberadaan Tungau dari Tanda-Tanda Ini

Tungau sebenarnya tidak berbahaya secara umum. Mereka tidak menggigit manusia, namun mereka termasuk mikroorganisme komensalisme yang memakan serpihan kulit mati manusia yang terjatuh. Selain itu, bagi penderita alergi seperti asma dan ruam kulit, kotoran tungau adalah alergen atau penyebab alergi tersebut. Keberadaan tungau sendiri sudah menjadi musuh bebuyutan bagi mereka. 

Karena tidak tampak oleh mata telanjang, membersihkan tungau debu rumah ini agak tricky. Bisa saja setelah dibersihkan pun, kita tidak menyadari kalau tungau masih tersisa di serat-serat dalam kasur. Memakai pestisida juga tidak terlalu membantu karena bisa jadi juga tungau tidak ada di area yang disemprot, yang malah menambah risiko terpapar residu kimiawi berbahaya. 


Baca juga: Jangan Salah! Ini Bedanya Kutu dan Tungau, Beda Penanganan Juga!


Tapi pada dasarnya, tungau senang tinggal di tempat yang lembab, tertutup dan hangat. Saat membersihkan tungau di area rumah, kita bisa mulai dari tempat-tempat berikut di rumah, salah satunya misalnya kasur dan bantal kita.


Karakteristik tungau

Tungau hidup secara berkoloni di lingkungan yang lembab, tertutup dan hangat. Karena bentuknya yang mikroskopis (sekitar 0.3 milimeter), tungau dapat berkembang biak secara bebas dan dalam jumlah banyak. Kemudian mengingat sumber makanan utama mereka, yaitu serpihan kulit mati manusia, tidak heran mereka akan banyak mendiami area-area lembab di sekitar rumah yang banyak bersentuhan dengan kulit manusia, misalnya kasur, sofa dan karpet!


Baca juga: Apa Itu Tungau? Seperti Ini Daur Hidup Tungau


Bayangkan terdapat mungkin sekitar jutaan hewan mikroskopik di bantal kita … wah, seram! Rasanya tidur menjadi tidak nyaman, ya. Apalagi, sekali mereka hidup di tempat tertentu, akan sulit untuk menghilangkannya bahkan dengan pestisida tertentu, malah bisa saja pestisida tersebut menjadi bumerang yang lebih mengancam kesehatan kita.


Tanda-tanda keberadaan tungau di rumah

Keberadaan tungau memang tidak dapat dilihat, tapi kita bisa merasakan mereka melalui beberapa tanda. Menurut National Health Services (NHS), keberadaan tungau bisa dilihat misalnya dari kulit yang mengalami kemerahan dan terasa gatal ketika bersentuhan dengan area tertentu dari soft furniture di rumah. Biasanya bagian kulit terbuka seperti lengan dan bahu. 


Baca juga: Selalu Waspada! Ada Tungau Ikut Kita Rebahan di Kasur


Selain ditandai dengan kemerahan pada kulit, keberadaan tungau bisa dilihat dari debu yang muncul di area soft furniture dan sekitarnya, terutama di rumah. Debu rumah ini berbeda dengan debu yang ada di luar rumah, ya. Debu rumah, sebagian besar penyusunnya adalah rangka dan kotoran tungau. Makanya jika kita merasa batuk-batuk karena debu di rumah, sebenarnya tubuh kita sedang bereaksi terhadap kotoran tungau, yang sebenarnya merupakan alergen. 


Cara mengatasi keberadaan tungau rumah

Jika sudah mengalami tanda-tanda tersebut, sebaiknya dijadikan peringatan bahwa area soft furniture di rumah sudah harus segera dibersihkan. Kita bisa memanfaatkan momen karantina mandiri dan WFH (work from home) dengan kegiatan bebersih rumah misalnya mengganti sprei dan sarung bantal serta memvacuum kasur, karpet, gorden dan sofa. 


Baca juga: Tanpa Ribet! Ini Cara Membersihkan Kasur Paling Efektif


Sekali secara berkala, kita juga bisa memanfaatkan jasa vacuum debu dan tungau profesional untuk meningkatkan efektivitas kegiatan bersih-bersih dan lebih menjamin kesehatan orang-orang di rumah. Jasa vacuum profesional yang baik tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dalam proses kerjanya, karena selain residunya tidak baik untuk kesehatan kita, juga berisiko membuat mikroorganisme makin kebal dan ganas. 


HydroClean, jasa vacuum tungau dan debu rumah profesional

HydroClean adalah jasa vacuum debu dan tungau menggunakan metode yang 100% kering dan bebas dari bahan kimia, sehingga aman untuk kesehatan. Mengapa aman untuk kesehatan? 


Baca juga: Selama Ini Salah! Cek Cara Paling Tepat Bersihkan Kasur


Karena selain menggunakan alat vacuum HydroAllergenic yang 100% kering, proses pengerjaan HydroClean vacuum juga tidak meninggalkan zat sisa apapun pada kasur. Baik bau, warna, ataupun zat kimia lainnya. Tentu dengan hasil yang tetap maksimal menghisap debu dan tungau di kasur.

Layanan HydroClean untuk jasa vacuum debu dan tungau juga sudah dapat di pesan di 17 kota besar di Indonesia,  yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Cikarang, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Palembang, Pekanbaru, dan Medan. Anda tinggal di salah satu dari 17 kota tersebut? Yuk, pesan HydroClean di sini

Older Post Newer Post