Shopping Cart

Gatal-gatal Saat Tidur? Ini Cara Atasi Alergi Akibat Debu dan Tungau di Kasur

Posted by HydroClean Indonesia on
Gatal-gatal Saat Tidur? Ini Cara Atasi Alergi Akibat Debu dan Tungau di Soft Furniture

Alergi yang disebabkan oleh debu dan tungau di soft furniture dapat menjadi masalah kesehatan yang mengganggu bagi banyak orang, karena biasanya debu dan tungau terdapat di area yang paling sering kita tempati seperti kasur dan sofa. 

Gejala yang umum muncul saat terindikasi alergi biasanya berupa gatal-gatal, batuk, pilek, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan ruam kulit.

Untuk mengatasi alergi ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti:

  1. Menjaga kebersihan ruangan

Mengurangi debu dan tungau di ruangan dapat membantu mengurangi gejala alergi. Usahakan untuk selalu membersihkan soft furniture secara teratur, terutama bagian yang tersembunyi seperti sisi belakang dan bagian bawah.

Gunakan pembersih debu yang lembut atau vacuum cleaner berkekuatan cukup besar untuk menangkap debu dan tungau dengan efektif hingga ke dalam lapisan soft furniture terdalam. 

  1. Menggunakan penutup furniture

Penutup furniture dapat membantu mengurangi kontak langsung dengan debu dan tungau. Carilah penutup yang terbuat dari bahan yang tidak mudah menyerap debu, seperti poliester atau nylon. Penutup ini juga dapat dipakai sebagai pelindung furnitur dari kotoran dan kain yang digunakan setiap hari.

 

3. Menjauhi soft furniture yang terlalu rapuh

Furniture yang terlalu rapuh dan mudah terurai seringkali menjadi tempat tinggal yang ideal bagi tungau dan debu. Jadi, jauhilah soft furniture yang terlalu rapuh dan carilah yang terbuat dari bahan yang lebih tahan lama dan mudah dibersihkan.

 

4. Menggunakan obat anti-alergi

Jika gejala alergi masih terasa setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda mungkin perlu menggunakan obat anti-alergi untuk membantu mengurangi gejala. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk menentukan obat yang tepat untuk Anda.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi gejala alergi yang disebabkan oleh debu dan tungau di soft furniture. Selalu ingat juga untuk menjaga kebersihan ruangan dan furniture Anda!

 

 

Tentang tungau

Tungau adalah hewan mikroskopik yang umum dijumpai di tempat-tempat lembab dan hangat seperti pada soft furniture di rumah, karena tungau memakan serpihan kulit mati manusia yang banyak terdapat di soft furniture terutama kasur. 

Tahukah Anda, sepertiga hidup kita dalam sehari berada di atas kasur. Terbayang, 'kan, seberapa banyak serpihan sel kulit mati yang kita jatuhkan? Seberapa banyak tungau yang mendiami kasur kita?

Makanya, kasur yang kita pikir paling bersih ternyata bisa menjadi tempat paling kotor di rumah. 

Tungau debu rumah (TDR) adalah alergen terbanyak di dalam rumah. WHO memperkirakan 50-80% asma dan rhinitis di dunia disebabkan oleh TDR.[1]

 

Kenapa tungau berbahaya? 

Enzim pada kotoran tungau dapat memicu gejala-gejala alergi seperti asma, sinusitis, gatal, bentol-bentol, sampai rinitis alergi dan dermatitis atopik. 

Tungau berukuran mikroskopik, tentunya kotorannya lebih kecil sehingga mudah terhirup, bahkan saat kita tidur. 

 

Apa perbedaan antara tungau debu dan kutu busuk?

Kutu busuk lebih besar ukurannya dari tungau debu, dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Orang kadang bingung antara kutu dan tungau debu karena mereka tinggal di tempat tidur, karpet, dan gorden. Dan seperti tungau debu, kutu juga dapat menyebabkan reaksi alergi.

Perbedaan utamanya adalah: kutu busuk benar-benar menggigit manusia dan memakan darah mereka. Tungau debu dapat mengiritasi kulit kita, tetapi tungau tidak menggigit.[2]



Berapa banyak tungau di kasur?

Tempat tidur adalah habitat utama tungau debu dan kasur biasa mungkin memiliki sekitar 100.000 hingga 10 juta tungau di dalamnya. Satu tungau debu menghasilkan sekitar 20 kotoran sehari, masing-masing mengandung protein yang membuat banyak orang alergi.[3]



Apa itu HydroClean®️ Vacuum?

Jasa sedot atau vacuum tungau dan debu dengan menggunakan HydroAllergenic®️ System berteknologi separator, yang memiliki daya hisap lebih dari 20.000 rpm dan mampu memisahkan udara, partikel debu dan tungau.

Tungau yang terhisap akan terperangkap di air dengan metode pengisolasian 99.99% dalam media air sehingga tidak berterbangan ke udara. Layanan vacuum ini 100% kering dan bebas bahan kimia sehingga aman untuk bayi.

 

Mengapa tungau di-vacuum?

Dengan vacuum, debu dan tungau tidak akan beterbangan ke area soft furniture yang lain sehingga proses pembersihan lebih efektif tanpa risiko mengontaminasi area lain di rumah. 

 

Older Post Newer Post