Shopping Cart

Cara Membuat Quality Time dengan Anak Lebih Seru Cuma di Rumah

Posted by HydroClean Indonesia on
Cara Membuat Quality Time dengan Anak Lebih Seru Cuma di Rumah ala HydroClean jasa vacuum tungau dan debu

Tahukah Anda, bonding time atau quality time antar anak dan orang tua dapat menstimulasi kecerdasan anak, lho. Soalnya dengan meluangkan waktu kita untuk mendengarkan cerita mereka, kita bisa memberikan ruang yang aman dan nyaman untuk mereka tumbuh dan berkembang, jadi mereka bisa lebih percaya diri mencoba hal-hal baru!

Nah, kalau Anda langsung tertarik mau melakukan quality time dengan anak, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Buat jadwal quality time yang teratur.Ini dapat membantu Anda dan anak Anda mengelola waktu dengan lebih baik dan memastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk bersantai dan bersenang-senang bersama.

  2. Buat tema untuk setiap sesi quality time. Misalnya, buat tema "petualangan di dalam rumah" di mana Anda dan anak-anak Anda menciptakan petualangan di dalam rumah dengan menggunakan imajinasi dan mainan yang tersedia.

  3. Buat kegiatan yang menyenangkan. Ini dapat berupa permainan, proyek hobi bersama, atau kegiatan olahraga. Pastikan untuk memilih kegiatan yang disukai oleh anak Anda agar mereka benar-benar merasa terlibat dan menyenangkan.

  4. Jangan terlalu memikirkan tentang pekerjaan atau urusan lainnya saat sedang bersama dengan anak Anda. Berikan perhatian penuh Anda pada anak Anda dan jadikan quality time tersebut sebagai waktu yang spesial bersama mereka.

  5. Ajak anak Anda untuk memasak atau membuat makanan bersama. Ini dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan sambil belajar tentang makanan sehat dan mengembangkan keterampilan masak mereka.

  6. Jadikan quality time sebagai waktu untuk mendengarkan dan memahami anak Anda. Beri mereka ruang untuk berbicara dan bercerita tentang apa yang sedang mereka pikirkan atau alami. Ini dapat membantu Anda menjadi orangtua yang lebih terhubung dengan anak Anda.

Yuk, manfaatkan akhir pekan Anda untuk lebih dalam mengenal si kecil tersayang. Jangan lupa juga siapkan area yang nyaman di rumah seperti sofa dan karpet yang bebas tungau dan debu, supaya quality time dengan anak bebas ancaman gatal-gatal alergi akibat tungau dan debu!

 

Tentang tungau

Tungau adalah hewan mikroskopik yang umum dijumpai di tempat-tempat lembab dan hangat seperti pada soft furniture di rumah, karena tungau memakan serpihan kulit mati manusia yang banyak terdapat di soft furniture terutama kasur. 

Tahukah Anda, sepertiga hidup kita dalam sehari berada di atas kasur. Terbayang, 'kan, seberapa banyak serpihan sel kulit mati yang kita jatuhkan? Seberapa banyak tungau yang mendiami kasur kita?

Makanya, kasur yang kita pikir paling bersih ternyata bisa menjadi tempat paling kotor di rumah. 

Tungau debu rumah (TDR) adalah alergen terbanyak di dalam rumah. WHO memperkirakan 50-80% asma dan rhinitis di dunia disebabkan oleh TDR.[1]

 

Kenapa tungau berbahaya? 

Enzim pada kotoran tungau dapat memicu gejala-gejala alergi seperti asma, sinusitis, gatal, bentol-bentol, sampai rinitis alergi dan dermatitis atopik. 

Tungau berukuran mikroskopik, tentunya kotorannya lebih kecil sehingga mudah terhirup, bahkan saat kita tidur. 

 

Apa perbedaan antara tungau debu dan kutu busuk?

Kutu busuk lebih besar ukurannya dari tungau debu, dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Orang kadang bingung antara kutu dan tungau debu karena mereka tinggal di tempat tidur, karpet, dan gorden. Dan seperti tungau debu, kutu juga dapat menyebabkan reaksi alergi.

Perbedaan utamanya adalah: kutu busuk benar-benar menggigit manusia dan memakan darah mereka. Tungau debu dapat mengiritasi kulit kita, tetapi tungau tidak menggigit.[2]



Berapa banyak tungau di kasur?

Tempat tidur adalah habitat utama tungau debu dan kasur biasa mungkin memiliki sekitar 100.000 hingga 10 juta tungau di dalamnya. Satu tungau debu menghasilkan sekitar 20 kotoran sehari, masing-masing mengandung protein yang membuat banyak orang alergi.[3]



Apa itu HydroClean®️ Vacuum?

Jasa sedot atau vacuum tungau dan debu dengan menggunakan HydroAllergenic®️ System berteknologi separator, yang memiliki daya hisap lebih dari 20.000 rpm dan mampu memisahkan udara, partikel debu dan tungau.

Tungau yang terhisap akan terperangkap di air dengan metode pengisolasian 99.99% dalam media air sehingga tidak berterbangan ke udara. Layanan vacuum ini 100% kering dan bebas bahan kimia sehingga aman untuk bayi.

 

Mengapa tungau di-vacuum?

Dengan vacuum, debu dan tungau tidak akan beterbangan ke area soft furniture yang lain sehingga proses pembersihan lebih efektif tanpa risiko mengontaminasi area lain di rumah. 

 

Service lain yang tersedia di HydroClean

  1. MicroTech-Ray®, jasa sterilisasi dengan teknologi sinar UV dan gas ozone (O3) untuk membunuh bakteri, kuman dan virus di ruangan secara efektif hingga 99,9% serta mampu mengurangi kelembaban di ruangan penyebab bau apek. 
  2. HydroClean®️ PLUS Sensibio Baby™️, Sanitizer liquid untuk membunuh kuman dan bakteri pada soft furniture Anda. Aman bagi bayi baru lahir hingga orang dewasa.
  • Plant-based
  • Biodegradable
  • Food grade
  • Non-toxic
  • Bebas alkohol
  • Bebas sabun (SLS/ SLES)
  • Bebas bahan kimia berbahaya (parabens, formaldehydes, petroleum)



[1] http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/Meditek/article/view/1751 

[2] https://www.healthline.com/health/dust-mites-bites#takeaway

[3] https://www.straitstimes.com/singapore/health/dangers-of-dust-mites-6-things-to-know-about-these-tiny-bugs-lurking-in-your-home#:~:text=Beds%20are%20a%20prime%20habitat%20for%20dust%20mites%20and%20a,place%20where%20dust%20mites%20thrive

Older Post