Shopping Cart

Ada Libur Nasional 2022 Bulan Depan, Bersih-bersih Sofa dan Karpet, Yuk!

Posted by HydroClean Indonesia on
hydroclean jasa vacuum debu tungau sofa karpet imlek 2022

Setiap pergantian tahun, libur nasional jadi salah satu yang selalu dicari-cari terutama oleh karyawan kantoran. Tujuannya biasanya untuk menentukan tanggal cuti atau kegiatan penting lainnya. Nah, di bulan Januari 2022 memang tidak ada hari libur nasional. Bahkan tanggal 1 Januari 2022 jatuh pada hari Sabtu, dimana sebagian besar karyawan memang libur di akhir pekan tersebut.

 

Mengisi hari libur nasional 2022 

 

Ternyata di awal tahun 2022, hari libur nasional jatuh di tanggal 1 Februari 2022, yaitu di hari perayaan Imlek 2022, pergantian tahun bagi masyarakat China dan etnis Tionghoa di Indonesia. Jatuh di hari Selasa, Anda bisa persiapkan mengambil hari libur di hari Senin sebelumnya yaitu tanggal 31 Januari 2022. 

 

Sebagian dari kita mungkin tidak ikut merayakan hari Imlek 2022, namun paling tidak jadikan momen hari libur nasional ini sebagai agenda untuk memperhatikan hal-hal pada diri sendiri dan rumah kita, yang biasanya terabaikan karena sibuk berkegiatan di luar. Misalnya dengan bersih-bersih area rumah tertentu secara deep cleaning

 

Baca juga: Tungau di Bagian Bawah Sofa? Ada atau Tidak?

 

Bersih-bersih Sofa dan Karpet dengan Hydroclean

Bersihkan sofa dan karpet, yuk!

 

Saat pulang kerja atau kegiatan lain dari luar rumah, sofa dan karpet jadi seakan jadi teman pertama yang menyambut kita di rumah sebelum tidur di kasur. Rebahan, scrolling handphone, menonton televisi, ketika bersiap-siap berangkat ke kantor dan bahkan makan, tidak jarang kita lakukan di sofa minimalis kesayangan. 

 

Begitu juga dengan karpet rumah. Mungkin di beberapa rumah, karpet lebih sering digulung dan disimpan di lemari atau pojok rumah terutama di masa pandemi saat tidak banyak orang bertandang ke rumah. Di momen hari libur nasional 2022 ini, coba isi dengan membersihkan sofa dan karpet kesayangan, yuk! Meski sering terabaikan, sebenarnya membersihkan sofa dan karpet malah tidak sulit, lho.

 

 

 

Baca juga: Bantal Sofa Nganggur di Rumah? Awas Jadi Sarang Debu dan Tungau

 

Penyebab sofa dan karpet jadi kotor

 

Sebelum membersihkan sofa dan karpet, ada baiknya mengetahui apa penyebab sofa dan karpet kita kotor. Selain noda-noda yang menempel misalnya akibat ketumpahan makanan, ada juga polutan rumah yang turut mengontaminasi sofa dan karpet kita, seperti asap masakan dari dapur, paparan debu dari pakaian kita saat keluar, bulu-bulu binatang piaraan, dan juga tungau!

 

Bersih-bersih Sofa dan Karpet dengan Hydroclean

 

Terutama sofa bahan akan hampir pasti terpapar polutan dan menyimpan bakteri di sela-sela serat sofa. Belum lagi jika sekeluarga sama-sama menggunakan sofa dan karpet untuk berkumpul dan bersantai. Berapa banyak debu dan kuman yang dibawa? Inilah sebabnya deep cleaning sofa dan karpet diperlukan dengan memanfaatkan momen libur nasional 2022 ini.

 

Baca juga: Varian COVID Baru, Tetap Aman Bersihkan Soft Furniture Bersama HydroClean

 

4 kiat tepat membersihkan sofa dan karpet

 

Perlu diperhatikan, membersihkan soft furniture, dalam hal ini sofa dan karpet, sebaiknya dengan metode kering, karena jika terkena air, serat-serat soft furniture akan menyerap air dan menciptakan lingkungan lembab tertutup di dalam sofa. Hal ini berisiko menimbulkan jamur dan bakteri pada sofa dan karpet. Lalu bagaimana cara paling tepat untuk membersihkannya?

 

Bersihkan dengan vacuum cleaner

 

Pastikan dulu sofa dan karpet bersih dari debu dan partikel kotoran lain. Gunakan vacuum cleaner agar debu, bulu hewan dan kotoran terhisap sempurna tanpa beterbangan dan mengotori sisi sofa dan karpet yang lain. Selain debu, vacuum cleaner juga mampu menghisap tungau yang ada di serat-serat sofa dan karpet, apalagi jika mesin vacuum berkekuatan hingga 20.000 rpm. 

 

Karpet juga bersifat menyimpan debu terutama di bagian bawahnya, jadi sebaiknya rutin melakukan vacuum pada area tersebut supaya debu tidak keburu menumpuk dan membuat karpet lebih sulit dibersihkan. 

 

Bersih-bersih sofa dan karpet pakai Hydroclean

 

Mau cuci sofa atau karpet? Pastikan ada kode S/W

 

Apa itu kode S/W? Kode "W" berarti soft furniture, termasuk sofa dan karpet, aman dicuci (wash). Kode "S" berarti soft furniture harus dibersihkan dengan metode kering (Solvent). Lalu kode “S/W” berarti soft furniture bisa dibersihkan dengan metode kering maupun basah. Jika kain sofa dan karpet bernoda kotor, kita bisa cuci area yang kotor hanya jika ada kode W atau S/W pada produk sofa dan karpet kita.

 

Label cuci sofa

Pelembab untuk sofa kulit

 

Sofa kulit memang tidak mudah kotor seperti sofa kain. Sofa kulit juga bahannya lebih awet dari segi bahan. Tapi, sama seperti kulit kita, kulit pada sofa kulit juga perlu pelembab, lho. Bila tidak diberi perawatan khusus dengan pelembab, lama-kelamaan sofa kulit bisa mengelupas. Tidak perlu sering, cukup dua atau tiga bulan sekali. Jika Anda belum pernah memberi treatment khusus ke sofa kulit Anda, yuk manfaatkan libur nasional 2022 nanti untuk take care sofa kulit kesayangan. 

 

Taburi bedak bayi untuk hilangkan bau di karpet

 

Untuk karpet yang berbau tidak sedap, apalagi jika karpet lama disimpan, sebaiknya setelah divacuum, taburi dengan bedak bayi di atas permukannya lalu tunggu selama minimal 30 menit. Setelah itu, lakukan vacuum kembali pada karpet untuk menyedot bubuk-bubuk bedak bayi tadi. Hal ini juga tidak perlu sering dilakukan. Manfaatkan saja hari libur misalnya libur nasional 2022 untuk melakukan perawatan pada karpet.

 

Hydroclean, jasa vacuum sofa dan karpet profesional

 

Untuk Anda penganut prinsip hari libur harusnya dihabiskan dengan bersantai, tenang saja. Tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan deep cleaning rumah atau furniture. Saat ini sudah banyak jasa profesional dan terpercaya yang bisa melakukannya untuk Anda. Bahkan di tengah pandemi ini, tidak sedikit jasa profesional yang mengedepankan protokol kesehatan untuk menjamin keamanannya selama di rumah Anda.

 

Baca juga: Apa Itu Tungau? Seperti Ini Daur Hidup Tungau

 

Jasa vacuum soft furniture Hydroclean, misalnya. Selain protokol kesehatan, hasil pengerjaan vacuum Hydroclean juga sudah terbukti sangat baik oleh puluhan ribu pelanggan di 17 kota besar di Indonesia. Hydroclean akan vacuum soft furniture yang Anda pesan, baik sofa atau karpet, sebanyak yang dibutuhkan sampai soft furniture bersih dari debu dan tungau. Order sekarang, yuk! 

Older Post Newer Post