Pilek Alergi Pada Anak, Waspadai Penyebabnya dan Kenali Gejalanya.

Penghuni rumah ada yang sering pilek? Mungkin penyebabnya bukan sekadar udara dingin atau virus. Bagaimana kalau penyebabnya adalah debu? Karena debu dan tungau merupakan alergen (zat pemicu alergi). Nah, wujud alergi yang terjadi pada hidung disebut rinitis alergik (pilek alergi).

Menurut Dr. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A (K), dalam bukunya, Mengenal Alergi pada Anak, fungsi utama hidung adalah untuk saluran udara, penciuman, humidifikasi atau melembapkan udara yang dihirup, dan melindungi saluran napas bawah. Perlindungan ini dengan cara menyaring partikel, transpor oleh bulu getar selaput lendir, membunuh kuman yang masuk, antivirus, kekebalan saluran napas, dan resonan suara.

Dokter Zakiudin juga menyatakan, reaksi selaput lendir hidung akan menimbulkan gejala penyumbatan aliran udara, pengeluaran lendir, bersin, dan rasa gatal. Jika tidak terdapat gangguan bentuk tulang hidung, maka sumbatan hidung disebabkan oleh pembengkakan selaput lendir, dan lendir yang kental (kita mengenalnya sebagai ingus).

Penampakan klinis rinitis alergik atau pilek alergi umumnya baru nyata pada anak berusia di atas 4-5 tahun. Angka kejadiannya meningkat secara progresif dan mencapai 10-15 persen pada usia dewasa.

Apa saja sih gejala pilek alergi?

Gejala pilek alergi atau rinitis alergik bisa merupakan gatal di hidung dan mata, bersin, keluar cairan dari hidung, hidung tersumbat, dan bernapas melalui mulut. Bernapas melalui mulut ini sering terjadi saat malam yang bisa menimbulkan gejala tenggorokan kering, mengorok, gangguan tidur, dan rasa capek saat siang.

Gejala yang lainnya berupa suara sengau, gangguan penciuman dan pengecapan, dan sinusitis (peradangan sinus). Gejala kombinasi antara bersin, ingusan, dan hidung tersumbat, adalah gejala yang paling sering kita alami kalau lagi pilek. Tentunya gejala ini mengganggu dan menjengkelkan.

Pilek alergi pada anak akan bertambah berat sejalan dengan pertambahan usia. Kalau didiamkan saja, kadangkala rinitis alergik menjadi masalah serius pada masa tua. Cara mengatasi atau mencegah pilek alergi antara lain dengan menghindari alergen penyebabnya.

Dalam hal penyebabnya adalah debu dan tungau rumah, maka Anda harus rajin memvakum rumah dengan vacuum cleaner yang berkualitas bagus atau menggunakan jasa pembersih tungau seperti HydroClean.id.

HydroClean.id dapat menjadi solusi Anda untuk jadi pembersih tungau kasur, pembersih tungau di sofa, pembersih tungau di soft furniture, dan masih banyak lagi. Segera hubungi HydroClean.id untuk menghilangkan tungau di rumah Anda.

4 Replies to “Pilek Alergi Pada Anak, Waspadai Penyebabnya dan Kenali Gejalanya.”

    1. Hi, terima kasih telah mengunjungi website HydroClean Indonesia. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai debu dan tungau, cara order dan harga, bisa klik link bit.ly/HydroCleanIndonesia, dan tinggalkan nomor WhatsApp Anda untuk kami hubungi.

    1. Hi bapak/ibu Heyni, terima kasih telah mengunjungi website HydroClean Indonesia. Untuk daerah Sentul sudah tersedia ya bu. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai debu dan tungau, cara order dan harga, bisa klik link bit.ly/HydroCleanIndonesia, dan tinggalkan nomor WhatsApp Anda untuk kami hubungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *