Shopping Cart

Kualitas Tidur Terganggu? Ini Tips Tidur Nyenyak dan Nyaman di Malam Hari

Posted by HydroClean Indonesia on
Kualitas Tidur Terganggu? Ini Tips Tidur Nyenyak dan Nyaman di Malam Hari dengan Hydroclean vacuum tungau debu

Tidur nyenyak merupakan kebutuhan dasar manusia untuk memulihkan energi dan kesehatan tubuh. Namun, banyak orang mengalami masalah tidur yang mengganggu kualitas tidur mereka. Beberapa orang bahkan menderita insomnia, yang bisa berdampak buruk pada kesehatan mereka.

Untuk membantu Anda tidur nyenyak, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Tetapkan jadwal tidur yang konsisten

Mengatur jadwal tidur yang konsisten sangat penting untuk membantu tubuh Anda terbiasa dengan pola tidur yang sehat. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan atau hari libur.

Buat suasana yang tenang di kamar tidur

Membuat lingkungan yang tenang dan nyaman di kamar tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Pastikan kamar Anda cukup gelap, dingin, dan bebas dari suara bising. Gunakan gorden atau tirai tebal untuk mengurangi cahaya, dan gunakan AC atau kipas angin untuk menjaga suhu kamar tetap sejuk.

Hindari stimulan sebelum tidur

Menghindari konsumsi stimulan seperti kafein dan nikotin beberapa jam sebelum tidur dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan mudah tertidur. Selain itu, hindari minuman beralkohol karena meski bisa membuat Anda merasa mengantuk, minuman tersebut dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, tetapi hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

Kurangi stres sebelum tidur

Kurangi stres sebelum tidur dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan mudah tertidur. Lakukan aktivitas yang membantu Anda merasa tenang seperti meditasi, yoga, atau membaca buku sebelum tidur.

Batasi waktu tidur siang

Tidur siang yang terlalu lama dapat mengganggu kualitas tidur Anda di malam hari. Cobalah untuk membatasi waktu tidur siang Anda hingga 30 menit atau kurang.

Gunakan kasur yang bersih nyaman

Kasur yang nyaman dan bantal yang tepat dapat membuat Anda merasa lebih nyaman saat tidur. Cobalah untuk menggunakan bantal yang mendukung kepala dan leher Anda dengan baik dan gunakan kasur yang nyaman.

Pastikan juga kebersihan kasur, bantal, selimut dan soft furniture lain di kasur dari debu dan tungau penyebab gatal-gatal dan pemicu alergi. Gatal-gatal dan gangguan akibat debu dan tungau bisa jadi penyebab terganggunya tidur nyenyak kita, terutama pada anak-anak.

Istirahat malam atau tidur yang tidak optimal membuat produktifitas kita, terutama anak jadi terhambat karena membuat mudah lelah dan lesu. 

 

Tentang tungau

Tungau adalah hewan mikroskopik yang umum dijumpai di tempat-tempat lembab dan hangat seperti pada soft furniture di rumah, karena tungau memakan serpihan kulit mati manusia yang banyak terdapat di soft furniture terutama kasur. 

Tahukah Anda, sepertiga hidup kita dalam sehari berada di atas kasur. Terbayang, 'kan, seberapa banyak serpihan sel kulit mati yang kita jatuhkan? Seberapa banyak tungau yang mendiami kasur kita?

Makanya, kasur yang kita pikir paling bersih ternyata bisa menjadi tempat paling kotor di rumah. 

Tungau debu rumah (TDR) adalah alergen terbanyak di dalam rumah. WHO memperkirakan 50-80% asma dan rhinitis di dunia disebabkan oleh TDR.[1]

 

Kenapa tungau berbahaya? 

Enzim pada kotoran tungau dapat memicu gejala-gejala alergi seperti asma, sinusitis, gatal, bentol-bentol, sampai rinitis alergi dan dermatitis atopik. (https://hellosehat.com/alergi/hidung-dan-mata/alergi-tungau/ )

Tungau berukuran mikroskopik, tentunya kotorannya lebih kecil sehingga mudah terhirup, bahkan saat kita tidur. 

 

Apa perbedaan antara tungau debu dan kutu busuk?

Kutu busuk lebih besar ukurannya dari tungau debu, dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Orang kadang bingung antara kutu dan tungau debu karena mereka tinggal di tempat tidur, karpet, dan gorden. Dan seperti tungau debu, kutu juga dapat menyebabkan reaksi alergi.

Perbedaan utamanya adalah: kutu busuk benar-benar menggigit manusia dan memakan darah mereka. Tungau debu dapat mengiritasi kulit kita, tetapi tungau tidak menggigit.[2]

 

Berapa banyak tungau di kasur?

Tempat tidur adalah habitat utama tungau debu dan kasur biasa mungkin memiliki sekitar 100.000 hingga 10 juta tungau di dalamnya. Satu tungau debu menghasilkan sekitar 20 kotoran sehari, masing-masing mengandung protein yang membuat banyak orang alergi.[3]

Apa itu HydroClean®️ Vacuum?

Jasa sedot atau vacuum tungau dan debu dengan menggunakan HydroAllergenic®️ System berteknologi separator, yang memiliki daya hisap lebih dari 20.000 rpm dan mampu memisahkan udara, partikel debu dan tungau.

Tungau yang terhisap akan terperangkap di air dengan metode pengisolasian 99.99% dalam media air sehingga tidak berterbangan ke udara. Layanan vacuum ini 100% kering dan bebas bahan kimia sehingga aman untuk bayi.

 

Mengapa tungau di-vacuum?

Dengan vacuum, debu dan tungau tidak akan beterbangan ke area soft furniture yang lain sehingga proses pembersihan lebih efektif tanpa risiko mengontaminasi area lain di rumah. 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dan merasa lebih segar dan bertenaga setiap hari. Selamat mencoba!


Older Post Newer Post