Shopping Cart

Cara Merawat Kasur Busa Lipat Anti Jamur dan Lembab

Posted by HydroClean Indonesia on
Vacuum tungau sedot tungau hydroclean Jabodetabek, Karawang, Cikarang, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Palembang, Pekanbaru, Medan

Meski praktis karena bisa disimpan dan diletakan dimana saja, kasur busa lipat juga rentan rusak karena noda, debu dan lembab, atau juga karena cara merawat dan menyimpannya yang kurang tepat, misalnya di dalam lemari atau di pojok ruangan yang tertutup.

Bagi sebagian orang, rebahan di kasur busa lipat sambil menonton televisi adalah kegiatan rutin dengan keluarga. Karena itu, kebersihan kasur busa lipat sangat penting untuk menjaga agar kasur busa lipat tetap awet dan bisa lebih tahan lama digunakan. 

 

Baca juga: Lindungi Kebersihan Kasur untuk Lindungi Kesehatan Anak

 

Biasanya kasur lipat terbuat dari busa poliuretan. Ada juga kasur lipat yang terbuat dari bahan kapuk atau yang biasa disebut kasur palembang. Keduanya punya sifat yang praktis dan kelemahan yang sama, mudah rusak dan kotor jika tidak diperhatikan dengan benar.

 

Melipat Kasur Busa Lipat dengan Benar

Salah satu hal yang paling sering terlihat dari kasur busa lipat yang rusak adalah bahan penyusunnya yang sudah tidak solid. Penyebabnya biasanya karena air saat dibersihkan, atau juga cara melipatnya yang asal. 


Baca juga: Awas! Jauhkan Kasur dari Air, Ini Bahayanya

 

Untuk kasur lipat kapuk memang bisa digulung karena sifatnya lebih lentur. Tetapi untuk kasur lipat berbahan busa poliuretan, cara merawat dan melipatnya harus sesuai dengan petunjuknya, karena jika dilipat secara sembarangan, lama-kelamaan busa penyusun di dalamnya akan patah dan bentuk kasur lipat tidak lagi solid.

 

Cara Merawat Kasur Busa Lipat Anti Jamur dan Lembab

 

Beberapa orang juga biasanya turut menyimpan kasur busa lipat ini dengan menggulungnya agar lebih mudah dan tidak merusak struktur busa di dalamnya. 


Perhatikan Tempat Menyimpan Kasur Busa Lipat


Saat tidak digunakan, setelah dilipat atau digulung, letakan kasur busa lipat di tempat yang kering, bersih dari debu serta punya sirkulasi udara yang baik, seperti kolong tempat tidur atau kolong meja. Bisa juga meletakan kasur busa lipat yang tidak digunakan di sudut ruangan yang juga terbuka.


Baca juga: Udara Lembab Zona Nyaman Bakteri dan Virus

 

Kita bisa memberi alas berupa kain bersih dan kering agar kasur busa lipat tidak langsung mengenai lantai dan tetap bersih. Kita juga bisa melapisinya terlebih dulu dengan plastik atau tas, dengan syarat, pastikan kasur busa lipat benar-benar kering untuk mencegah terjadinya lembab. 

 

Cara Merawat Kasur Busa Lipat Anti Jamur dan Lembab

 

Pastikan menghindari lingkungan tertutup atau berdebu seperti pojok ruangan atau di dalam lemari. Lebih baik simpan di luar lemari atau sudut di ruangan yang memiliki jendela. Kemudian biarkan udara masuk ke area kasur busa lipat paling tidak setengah jam. 


HydroClean Jasa Vacuum Kasur Busa Lipat dari Debu dan Tungau


Selain memperhatikan cara merawat dan penyimpanannya, perhatikan juga cara membersihkan kasur busa lipat yang rentan akan jamur dan lembab. Mengapa rentan? Karena kasur busa lipat sering kali dibersihkan menggunakan air. Padahal cara ini bisa menyebabkan tungau dan jamur malah tumbuh subur di dalam kasur.


Baca juga: Mengapa Harus Vacuum? Jangan Asal Cuci Kasur! 


Memastikan kasur lipat selalu bersih dan kering adalah kunci merawat kasur busa lipat yang baik dan bebas lembab. Karena itu, sebaiknya membersihkan kasur busa lipat dengan metode dry cleaning seperti vacuum. Vacuum bisa menyedot tungau yang ada di sela-sela kasur busa lipat sekaligus membersihkan debu yang menempel. 

HydroClean vacuum jasa sedot tungau dan debu profesional yang membersihkan beragam soft furniture Anda dengan 100% kering dan bebas residu kimiawi. Pasti bersih dan aman untuk kesehatan Anda dan keluarga.  



Older Post Newer Post