Virus Menempel di Perabot Rumah, Berapa Lama?

Di tengah pandemik virus corona saat ini, orang-orang mulai memperhatikan kebersihan dan sanitasi diri dan lingkungan sekitar. Masyarakat sudah mulai membiasakan diri mencuci tangan, menerapkan etika bersin dan batuk yang benar, bahkan membuat hand sanitizer dan larutan desinfektan secara mandiri. 

Semua itu dilakukan masyarakat untuk memaksimalkan pencegahan akan penyebaran virus corona covid-19. 

Ini karena hal lain yang tak kalah mengejutkan masyarakat adalah bahwa virus secara umum, adalah spesies yang bisa bertahan hidup di benda mati. Berbeda dengan benalu, misalnya. Meski sama-sama parasit atau hidup dengan mengambil manfaat dari inangnya, benalu akan mati jika inangnya mati. 

Berapa lama virus bertahan di benda mati?

Dilansir dari CNN Indonesia, belum diketahui seberapa lama virus corona covid-19 akan bertahan di benda mati. LIPI sendiri mengatakan bahwa belum ada penelitian terkait kemampuan virus bertahan hidup. Namun diperkirakan virus bisa bertahan selama beberapa jam saat menempel di perabot. 

The Journal of Hospital Infection, seperti dilansir Detik, mengatakan bahwa virus menempel di perabot berbahan plastik selama 8 jam – 6 hari. Pada benda berbahan alumunium, virus menempel selama 2 – 8 jam, sedangkan pada bahan stainless steel selama 5 hari. Untuk berbahan kayu dan kaca, virus mampu bertahan selama 4 hari. Lalu untuk benda berbahan metal dan keramik, virus bisa bertahan sekitar 5 hari. 

Berdasarkan penelitian mengenai jenis virus SARs dan MERs, LIPI mengatakan bahwa sebenarnya lama bertahan jenis virus tersebut di benda mati bukan berdasarkan material benda tersebut, melainkan tergantung jenis virus, jumlah, suhu dan kelembapan di sekitarnya. Virus tidak dapat bertahan lama hidup di suhu di atas 30 derajat celcius. 

Apakah virus di benda mati bisa menjangkiti manusia?

Kalau begitu, apakah virus bisa menginfeksi manusia jika melakukan kontak dengan benda mati tersebut?

Penelitian mengenai kemampuan transfer virus corona covid-19 belum ada. Namun jika melihat penelitian terkait virus influenza, kontak tangan dengan benda yang terinfeksi virus influenza tipe A selama lima menit bisa mentransfer sekitar 30% dari jumlah virus di benda tersebut. 

Tapi tidak perlu khawatir. Dilansir CNN, untuk melakukan pencegahan menyebarnya virus corona covid-19 melalui benda mati, kita bisa menyemprotkan larutan desinfektan, misalnya alkohol 70% atau larutan sodium hypochlorite seperti kaporit. Pun saat lepas dari tubuh, virus akan terkena paparan udara yang dipengaruhi oleh paparan ultraviolet dan suhu udara. Virus hanya dapat bertahan di kondisi tersebut selama 10 – 15 menit.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *