Tips Merawat Sofa Bau

Bayangkan saja kalau pas kita mau duduk di sebuah sofa tercium bau. Ya, gak enak kan? Nah, apalagi kalau yang mau duduk itu ternyata tamu di rumah kita. Lebih gak enak lagi kan?  Cara yang paling gampang untuk mengatasi bau di sofa ya ganti sofanya. Tapi, kalau kita mau menghemat (apalagi kalau sofanya berharga mahal), ya sebaiknya tahu cara merawat sofa dan mencegah bau yang bisa muncul.

Berikut beberapa hal tentang sofa yang sebaiknya kita tahu:

  1. Ketimbang kulit, material kain untuk sofa lebih mudah diatasi kalau bau. Sofa berbahan kain juga dapat diganti warna dan motifnya sering-sering. Kalau yang bermaterial kulit tentu menyedot isi kocek kalau sering ganti, ya kan?
  2. Kalau ada noda yang terjatuh pada sofa, langsung bersihkan dengan tisu basah. Jika dibiarkan berlarut, maka akan membekas dan bau.
  3. Seminggu sekali bersihkan debu yang menempel di sofa. Debu yang menumpuk pada sofa, selain memudarkan warna sofa sehingga tampak kusam, juga menyimpan tungau dan bakteri. Bisa juga ada kutu busuk. Maka, gunakan vacum cleaner untuk menyedot debu.
  4. Setelah dibersihkan, kadang sofa masih tetap bau. Kalau sudah begitu Anda bisa menggunakan steam cleaner.
  5. Kalau sofa berbahan kain, cara membersihkannya tergolong mudah. Bisa menggunakan kemoceng atau mesin penyedot debu untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan sofa atau sela-sela kain.
  6. Kalau sofa Anda berbahan kulit, kesannya memang lebih mewah. Tapi, jangan lupa merawatnya lebih teliti ketimbang sofa berbahan kain.
  7. Sejenis pelembap khusus kulit sofa perlu juga digunakan untuk menjaga kualitas kulit sofa agar tidak mudah kering dan pecah-pecah. Kalau ada noda membandel seperti cairan tinta atau goresan, sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih kulit sofa.
  8. Jangan menggunakan detergen dan sikat untuk membersihkan sofa kulit karena kulit pelapis sofa akan pecah-pecah.
  9. Kalau sofa Anda berbahan suede memang kesannya keren. Tapi, merawatnya lebih rumit lho dibandingkan dengan sofa bahan kain atau kulit. Gunakan sikat khusus untuk membersihkan debunya. Anda bisa mencari sikat khusus seperti ini di gerai peralatan rumah tangga. Cara menyikatnya, sikat dengan gerakan searah dengan serat untuk menghindari goresan dan kerusakan pada permukaan kain.
  10. Bahan suede sangat rentan terhadap noda cairan dan minyak karena dapat menyebabkan kain terlihat memudar. Cara membersihkannya bisa menggunakan cuka putih yang diolesi tipis secara perlahan. Kemudian gunakan tepung maizena di atasnya. Tepung maizena terbukti ampuh dalam menyerap noda. Lalu, gunakan sikat khusus dan menyikatnya dengan perlahan.
  11. Bersihkan sofa menggunakan HydroClean Odour Busting. Servis yang bisa mengurangi bau pada soft furniture hingga 70%. Servis Odour Busting menggunakan bahan yang tergolong “Food Grade Product” yang aman bagi kulit dan kesehatan. Selain bau, sofa Anda juga terbebas dari tungau dan debu penyebab alergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *