Tips Memilih dan Merawat Karpet

Karpet bukan sekadar unsur interior yang bisa memperindah sebuah ruangan. Tapi, juga punya beberapa fungsi yang mendukung kenyamanan para penghuni rumah, semisal nyaman saat penghuni rumah menapaki lantai. Karpet juga bisa mengimbangi dinginnya lantai ruangan saat.

Nah, kalau bicara soal fungsi karpet untuk ruangan, sebaiknya kita tak sembarang lho menempatkan karpet begitu saja di ruangan. Berikut ini tips agar kehadiran karpet benar-benar fungsional di ruangan:

Tentukan ruangan yang berkarpet

Ruangan di rumah tentunya berfungsi beda-beda, maka itu tentukan dulu ruangan mana saja yang akan Anda tempatkan karpet. Untuk ruang keluarga dan ruang makan, coba pilih jenis karpet berbulu pendek seumpama berber atau loop-pile. Karpet jenis ini terbuat dari gabungan bahan wol, nilon, dan prolipropilin yang kuat dan tebal, tak mudah berkerut, dan mudah dibersihkan. Kalau untuk ruangan yang lebih personal yakni kamar tidur atau ruang kerja, bisa menggunakan karpet berbulu panjang dan tebal agar terasa lembut dan nyaman saat dipijak.

Tentukan motif dan warna karpet

Kalau sudah menemukan warna dominan pada sebuah ruangan, maka motif dan warna karpet bisa senada, atau malah beda dengan tujuan menjadi fokus atau aksen bagi ruangan tersebut. Nah, dengan daya kreativitas Anda, tentukan karpet yang pas buat ruangan.

Kalau sudah mendapatkan karpet yang cocok untuk setiap ruangan, jangan lupa untuk merawatnya secara rutin.

Merawat karpet bulu

Kalau Anda memilih karpet bulu dan permadani berbahan sensitif di rumah, tentunya butuh ekstra hati-hati saat membersihkannya. Untuk membebaskannya dari debu dan tungau, bisa divakum atau disedot. Kalau Anda tak cukup punya waktu untuk merawat karpet-karpet di rumah, tinggal panggil penyedia jasa sedot debu dan tungau yang terpercaya.

Kalau untuk mengatasi bau tidak sedap, semisal bau rokok, taburi permadani dan karpet bulu dengan bedak bayi. Diamkan semalaman agar bedak menyerap bau, lalu sedot sisa-sisa bedak memakai mesin pengisap debu. Untuk praktisnya, Anda juga bisa memanfaatkan jasa penyedot debu dan tungau yang menyediakan layanan membebaskan karpet dari bau.

Bersihkan karpet secara berkala

Karpet sebaiknya dibersihkan secara berkala agar kesehatan dan kenyaman para penghuni rumah terjaga. Meski terlihat bersih, sebenarnya tetap saja ada debu atau kotoran, tungau, atau bakteri yang tak kelihatan, yang bisa saja menumpuk dan berdampak buruk bagi kesehatan keluarga.

Jangan cuci karpet dengan detergen

Hindari penggunaan detergen atau cairan-cairan pembersih yang mengandung sabun saat membersihkan karpet. Busa pada sabun dapat meninggalkan residu yang malah mengikat debu di karpet. Selain itu, residu pada sabun juga membuat karpet menjadi gampang sobek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *