Solusi Pintar Atasi Polusi Udara Kota Jakarta 

Polusi udara Kota Jakarta saat ini di urutan ketiga yang paling parah di dunia, setelah Hanoi (Vietnam) dan Dubai (Uni Emirat Arab). Fakta ini bersumber dari AirVisual. Lembaga ini mengukur Air Quality Index (AQI) Jakarta yang berada di 145. Sementara Hanoi berada di 163 dan Dubai di 152. Apa artinya? Artinya, udara Kota Jakarta semakin tidak sehat, lebih-lebih bagi mereka yang sensitif alias alergi udara kotor. Kalau Jakarta seperti itu, apakah berarti kota-kota besar lainnya aman? Ya belum tentu juga. Kebanyakan kota-kota besar di mana pun memang punya problem polusi udara.

Udara kotor pastinya menganggu kesehatan kita. Jadi, kita jangan tinggal diam menunggu pemerintah mengatasinya, atau bersikap tak peduli. Kalau diri dan keluarga Anda adalah ‘harta’ yang paling berharga, maka harus cari solusinya. Salah satu solusinya adalah memanfaatkan MicroTech-Ray.Teknologi ini mampu menguraikan gas berbahaya dalam polusi udara seperti NH3 (amonia), C7H8 (toluena), dan HCHO (formaldehida/formalin), menjadi gas yang aman yakni H2O (air) dan O2 (oksigen), serta CO2 (karbondioksida). Air, oksigen, dan karbondioksida bermanfaat bagi kehidupan ini.

Selain bisa menguraikan gas berbahaya dalam udara berpolusi, MicroTech-Ray juga bermanfaat membunuh bakteri dan kuman, juga virus dengan efektivitas hingga 99,9 persen. Boleh dibilang MicroTech-Ray membasmi hampir semua kuman atau mikroorganisma pengganggu kesehatan penghuni rumah. Karena teknologi ini juga bisa mengurangi kelembapan ruangan, maka jamur pun hengkang. Terbebasnya ruangan dari segala jenis kuman, bakteri, jamur, virus, berarti mengurangi risiko penularan penyakit semua penghuni rumah.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam sebuah rumah bisa ada lebih dari 125.000 jenis bakteri dan 70.000 jenis jamur. Hasil studi ini juga menyebutkan bahwa rata-rata rumah yang telah dibersihkan setiap hari pun masih menyimpan lebih dari 5.000 jenis bakteri dan 2.000 jenis jamur. Ihhh… kebayang kan betapa berisikonya kalau kita diamkan saja.

Dengan sinar UV (ultra violet) dan ozon (O3), Micro Tech-Ray menyinari setiap ruangan selama 30-60 menit (tergantung luas ruangan). Kamar bayi, kamar orang tua, kamar mandi, dapur, ruang tamu, ruang bermain anak, kantor, bahkan ruangan hewan peliharaan, menjadi bebas kuman dan bakteri.

Lampu UV dalam teknologi MicroTech-Ray bisa bermanfaat sebagai alat desinfektan (pensteril kuman). Lampu desinfektan ini efektif membunuh bakteri dengan proses yang bisa dibilang sangat mudah. Kelebihan lampu UV salah satunya mereduksi bakteri dengan aman dan tokcer tanpa meninggalkan residu.

Sinar UV sangat efektif menonaktifkan mikroogranisma, semisal virus, protozoa (amoeba), dan bakteri. Caranya, lampu UV mengirimkan energi elektromagnetik ke lampu merkuri menuju materi genetik DNA dan RNA mikroorganisma. Ketika sinar lampu UV menembus bagian dinding sel mikroorganisma tersebut, lantas melumpuhkan kemampuan reproduksinya. Artinya, perkembang-biakan kuman terhambat. Dalam hal ini, sinar lampu UV mengacaukan dan mengganggu rantai RNA/DNA dalam proses duplikasi sel bakteri. Mikroorganisme pun akhirnya menjadi tidak aktif dan stop berkembang-biak

Sedangkan ozon (O3) merupakan salah satu gas yang membentuk atmosfer. Pemanfaatan ozon kini sudah meluas. Molekul ozon merupakan pembersih atmosfer yang efisien dari polutan-polutan udara yang mengapung di atmosfer. Reaksi polutan-polutan udara dengan molekul ozon yakni akan mengikat polutan udara. Secara tidak langsung, molekul ozon yang bereaksi dengan zat polutan udara akan membentuk gas oksigen (O2).

Nah, sekarang paham kan kenapa MicroTech–Ray bisa jadi solusi pintar untuk mengatasi polusi udara Kota Jakarta yang kian parah. Tentunya mengatasinya dari ruangan atau rumah kita. Jadi, gak perlu tuh ngomel-ngomel atau terus-menerus nyalahin pihak lain. Selain semua pihak memang harus mengoreksi diri dan berikhtiar, ya kita juga harus pintar memilih solusi buat kesehatan diri dan keluarga kita. Kalau bukan kita sendiri yang peduli pada rumah dan keluarga kita, terus siapa?

Bahan Bacaan :

https://news.detik.com/berita/d-4655259/jakarta-kota-paling-berpolusi-ke-3-sedunia-versi-airvisual-pagi-ini

www.klikdokter.com/info-sehat/read/3485818/inilah-bagian-rumah-yang-jadi-sarang-kuman

https://docplayer.info/44748782-Pemanfaatan-potensi-ozon-di-indonesia.html

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *