Rumah Terdampak Banjir? Begini Cara Membersihkannya

Setelah banjir di awal Januari lalu surut, ternyata curah hujan tinggi di awal Februari juga kembali menyebabkan volume air naik. Di beberapa wilayah di Indonesia, air banjir bahkan masuk ke dalam rumah-rumah warga, dan tentu saja akan mengenai beberapa perabotan di rumahnya. Bagaimana, ya, membersihkan rumah yang terdampak banjir? 

Ada cara untuk membersihkan rumah dengan efektif pasca terkena banjir, karena seperti yang kita ketahui, beberapa perabotan membutuhkan perlakuan khusus saat terendam air. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai membersihkan.

Langkah Awal

Pertama, tentunya pastikan keadaan sekitar rumah sudah aman. Jika masih ada genangan air di sekitar rumah, berhati-hatilah saat akan memasuki rumah karena khawatir bangunan di sekitarnya rapuh akibat disusupi air. Perhatikan pula puing-puing atau benda berserakan lainnya di sekitar rumah. Misalnya kabel yang terbuka atau potongan kayu.

Pastikan aliran listrik sudah aman, telah dibersihkan dan dikeringkan, untuk menghindari risiko korsleting dan tersengat listrik. Sebaiknya tunggu keadaan sudah dikonfirmasi aman oleh petugas sebelum memasuki rumah. 

Jika rumah memiliki asuransi dan keadaan sekitar sudah aman, segera hubungi perusahaan asuransi untuk memastikan barang apa saja yang dapat ditangani, lalu buatlah daftar kerusakan barang apa saja yang dialami. 

Proses Pembersihan

Setelah rumah sudah aman dimasuki, kuras genangan air secara perlahan. Sebaiknya gunakan ember atau pompa, sembari membuka pintu dan jendela lebar-lebar agar udara kering masuk menggantikan udara lembab di dalam rumah untuk mempercepat pengeringan udara. Keringkan dulu kabel-kabel di dalam rumah. 

Selanjutnya, untuk barang-barang yang terkontaminasi oleh lumpur sisa banjir, bersihkan dengan cara menyemprotkan air dengan bantuan selang atau semprotan penyiram kebun karena tenaga yang dihasilkan cukup kuat untuk menyeka lumpur yang tebal dari perabotan. 

Sedangkan untuk barang-barang seperti foto dan dokumen-dokumen penting lainnya berupa kertas, dibiarkan kering terlebih dahulu baru dibersihkan secara perlahan. Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dapat membantu warga yang terdampak banjir untuk merestorasi dokumen-dokumen penting asalkan naskah asli tidak hilang.

Setelah menyeka perabotan dari lumpur atau kotoran tebal, bersihkan permukaan perabotan yang kotor dengan air panas dan sabun pembersih atau disinfektan untuk membunuh kuman-kuman yang tertinggal, terutama perabot makan dan dapur. Larutan disinfektan dapat dibuat sendiri dengan menuang 2 sendok makan pemutih klorin dalam satu galon panas. 

Untuk barang-barang yang terbuat dari kain, misalnya pakaian, sarung bantal dan seprei, pisahkan terlebih dahulu antara yang kering atau aman dari banjir dan yang basah atau terkena air banjir ringan. Cucilah dengan detergen dan air hangat. 

Jangan ragu untuk membuang barang-barang yang terlihat rusak parah akibat rendaman air. Biasanya barang-barang tersebut akan bersarang jamur yang bisa menyebar dengan cepat dan membahayakan kesehatan. Misalnya kasur, karpet dan selimut. Biasanya setelah terendam 48 jam, barang-barang tersebut sudah sulit diselamatkan.

Jika ada beberapa dari soft furniture tersebut yang masih bisa diselamatkan, segera keringkan terlebih dahulu. Kemudian manfaatkan jasa penyedot debu dan tungau profesional untuk membersihkan kotoran dan mikro organisme yang ada di dalamnya secara efektif. Jangan sampai sisa-sisa kuman dari air banjir tertinggal dan menempel di tubuh anggota keluarga. 

Memanfaatkan Jasa Profesional

Bagaimana dengan bagian ruangan lainnya? Misalnya dinding, dan perabot besar lain seperti meja? Jasa penyedot debu dan tungau premium Hydroclean memiliki layanan baru bernama Micro-Tech Ray. Layanan ini dapat membunuh kuman dan mikro organisme berbahaya lainnya dengan efektivitas 99,99% melalui teknologi penyinaran dengan sinar ozon. 

Kita bisa memanfaatkan jasa-jasa tersebut untuk membersihkan ruangan yang telah kering pasca terpapar air banjir. Kebersihan dan kesehatan perabot dan rumah pun terjamin.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *