Merawat Sepatu Kulit Tidak Sulit, Ini Caranya

Sepatu berbahan kulit biasanya jadi pilihan karena kesannya yang berkelas dan juga terbuat dari bahan kuat, terutama untuk kalangan pria. Sepatu kulit juga cocok digunakan untuk berbagai acara formal, seperti upacara hingga acara non formal seperti hang-out sepulang kerja. Biasanya harga sepatu kulit memang agak lebih tinggi daripada sepatu berbahan canvas, misalnya.

Namun tidak semua sepatu kulit terbuat dari kualitas kulit yang sama. Misalnya ada sepatu yang sudah ditimpa dengan cat tebal sampai tidak terasa kulitnya. Ada juga sepatu yang teksturnya masih terasa seperti kulit sungguhan. Jahitan sepatu juga bisa terlihat dengan diraba, apakah rapi atau tidak. Ini harus diperhatikan agar harga yang dikeluarkan sesuai dengan kualitas sepatu yang diharapkan. 

Tentunya, tahap seleksi tersebut adalah tahap awal untuk menentukan langkah-langkah perawatan sepatu kulit. Dengan memilih sepatu kulit berkualitas baik, perawatan pun jadi tidak terlalu sulit. Ini karena masalah yang biasanya terjadi pada sepatu kulit adalah permukaan yang mengusam, lekukan di bagian depan sepatu dan juga material kulit yang mulai mengelupas.

Kerutan dan lipatan berpotensi merusak permukaan sepatu kulit. Begitu pula pengelupasan material kulit yang terjadi akibat paparan sinar matahari. Lalu bagaimana mengatasi hal-hal tersebut dan bagaimana merawat sepatu kulit agar tampilannya tetap terjaga?

Mencuci

Jika sepatu kulit terkena kotor dan debu, bersihkan saja dengan kain basah. Jika sangat kotor dan membutuhkan pembersihan ekstra, gunakan sabun khusus untuk sepatu. Jika tali sepatu ingin dibersihkan, lepas dulu tali dari sepatunya dan cucilah secara terpisah, dan keringkan sebelum dipasangkan kembali ke sepatu. Hindari juga mengguyur sepatu kulit langsung dengan air karena bisa membuat material kulit terkelupas.

Menyemir

Pilih warna semir yang sesuai dengan warna sepatu kulit, kemudian semir dengan sikat halus khusus semir. Biasanya produk semir sepatu memberikan sikat khusus pada produknya untuk kepraktisan. Semir sepatu kulit secara rutin. Saat proses pengeringan, pastikan dikeringkan di udara terbuka atau diangin-anginkan, jangan menggunakan pemanas elektrik. Ketika semir sudah kering, seka sepatu dengan kain basah.

Sebaiknya tidak sering dipakai

Sebaiknya sepatu tidak sering-sering dipakai, meskipun untuk sebagian orang, hal ini agak memberatkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa daya pakai sebuah bahan akan cepat habis bila sering digunakan, tidak terkecuali sepatu kulit. Karena itu agar sepatu kulit tetap awet, memang sebaiknya tidak sering-sering digunakan. Untuk menghadiri acara non-formal, bisa gunakan sepatu atau sandal daily wear saja.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *