Makan Sehat, Tindakan Preventif di Tengah Pandemik

Pembatasan sosial yang tengah menjadi perbincangan publik Indonesia menimbulkan sejumlah perubahan mendadak di aspek kehidupan masyarakat. Beberapa fenomena seperti panic buying dan kelangkaan bahan sembako kerap terjadi dalam menghadapi situasi pandemik saat ini. Masyarakat berlomba menyiapkan jenis makanan beku dan makanan kemasan. Padahal sebenarnya kedua makanan tersebut tidak disarankan dikonsumsi berkepanjangan.

Selama masa pembatasan sosial, sebaiknya tetap jaga kesehatan dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat seperti rutin beraktifitas fisik, menghindari merokok dan minum alkohol serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Ini juga penting untuk tetap menjaga daya tahan tubuh, apalagi di masa yang rawan terkontaminasi virus seperti saat ini.

Makan sehat untuk organ yang diserang virus corona

Virus corona terbaru, SARs-CoV-2, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), merupakan virus yang menginfeksi saluran pernapasan. Jadi, selain menjaga daya tahan tubuh secara umum, kita harus memperhatikan kesehatan saluran pernapasan terutama tenggorokan dan paru-paru. Karena merupakan organ dalam dan vital, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Pertama, tentunya makan makanan bergizi. Makanan, apapun itu, akan diserap tubuh dan nutrisinya akan diedarkan ke seluruh organ tubuh oleh sel-sel darah. Nutrisi ini nantinya digunakan organ-organ untuk bekerja. Semakin baik nutrisinya, tentu semakin efektif kerja organ. 

Disarankan juga oleh Medical Daily untuk mulai rutin mengonsumsi makanan yang baik untuk organ-organ pernapasan, seperti berikut:

Teh Hijau

Teh hijau kaya polifenol dan antioksidan yang bisa membantu menekan pertumbuhan sel kanker di organ paru-paru dan dapat mengurangi risiko penyakit paru obstruktif kronis.

Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau memiliki nutrisi seperti serat, mineral, antioksidan dan vitamin yang berguna untuk kesehatan paru-paru. Apalagi, sayuran hijau seperti bayam dan kangkung juga mudah didapat.

Apel

Apel juga sudah lama dikenal memiliki phytochemical untuk antioksidan yang juga dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru.

Ikan Salmon

Dikenal sebagai sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi, ikan salmon dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. Kandungan seleniumnya juga berperan sebagai antioksidan dan menjaga sistem imun tubuh.

Bawang Putih

Beberapa waktu lalu bawang putih ramai diperbincangkan karena dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari virus corona, hingga WHO memberikan keterangan di laman resminya bahwa bawang putih tidak dapat menyembuhkan COVID-19. Namun, mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat mengurangi risiko kanker paru. 

Tetap pastikan kebersihan sekitar

Jangan lupa juga untuk memastikan kebersihan makanan bahkan buah dan sayur yang akan dikonsumsi dari kontaminasi udara luar. Tetap cuci bahan makanan hingga bersih dengan air dan sabun cuci sayur. Untuk alternatif, kita bisa menggunakan air cuka, air garam dan air baking soda.

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama rumah tak kalah penting. Apalagi di periode karantina seperti sekarang, sebaiknya mulai perhatikan kebersihan rumah secara menyeluruh agar lingkungan rumah tetap sehat untuk keluarga. 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *