Ayo, Bebaskan Rumahmu dari Debu!

Kenapa rumah harus bebas debu? Karena debu bisa merupakan alergen yang mengakibatkan bersin-bersin, batuk-batuk, sesak napas, gatal-gatal di kulit. Lebih-lebih kalau pada debu ada tungaunya. Sayangnya, debu kadang tak terlalu terlihat. Kalau sudah menebal, baru deh kelihatan. Makanya, jangan nunggu sampai debu menimbun di rumah baru kita bersihkan. Bebaskan seluruh ruangan rumah dan perabot dari debu secara teratur. Yang praktis dan efektif sih tentu saja dengan menyedotnya. Kalau hanya menggunakan sapu, kurang efektif.

Berikut tips agar rumah bebas dari debu:

  1. Jaga Kebersihan Rumah

    Menyapu dan mengepel lantai di semua ruangan rumah setiap hari akan mengurangi kesempatan debu untuk menumpuk. Gunakan penyedot debu dan perawatan khusus untuk membersihkan karpet, sofa, matras, kasur, dan sebagainya.

    Sehari-hari hindari membawa masuk sepatu, makanan, dan hewan peliharaan ke dalam kamar tidur. Gunakan bedcover (selimut penutup tempat tidur) di setiap tempat tidur untuk mencegah tungau mampir di sprei.

  2. Pilih Perabot Berpermukaan Kayu

    Sebagaimana halnya kasur, permukaan karpet bisa jadi sarang tungau dan debu. Kita tak benar-benar bisa melihat ketika tungau berkembang biak di celah-celah serat karpet. Nah, kalau kita pilih perabot yang permukaannya dari kayu, maka kita gampang melihat saat timbunan debu mulai terbentuk, sehingga bisa membersihkannya segera. Tapi, ya jangan tunggu hingga sudah kelihatan tumpukan debu, baru kita bersihkan. Sedot debu secara teratur walaupun belum terlihat.

  3. Jaga Kebersihan Gorden

    Kalau rumah memakai gorden atau tirai, pastikan menjaga kebersihannya. Vakum tirai seminggu sekali, dan cuci sebulan sekali. Perhatikan kebersihan gorden, terutama selama jendela dalam keadaan terbuka. Kita kan tak tahu jenis makhluk kecil apa yang menempel di gorden saat angin bertiup.

  4. Pilih Desain Furnitur Sederhana

    Desain furnitur yang sederhana semisal untuk sofa, tempat tidur, lemari, dan meja, tanpa banyak celah atau lekukan tentunya lebih gampang dibersihkan ketimbang yang modelnya berliku-liku. Debu yang bersembunyi di celah dan permukaan yang tidak rata tentunya akan lebih sulit terjangkau untuk dibersihkan.

  5. Atur Kelancaran Sirkulasi Udara dan Cahaya

    Kunci membuat ruangan rumah tetap segar dan sehat adalah dengan mengatur sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Untuk mewujudkannya, bukalah jendela saat pagi dan tutup saat matahari terik.

  6. Semua Alas Kaki Tinggalkan di Luar Rumah

    Alas kaki yang digunakan di luar rumah lebih baik tak usah dibawa masuk ke dalam rumah. Kita kan tak pernah tahu kotoran apa yang menempel di alas kaki tersebut. Mungkin saja ada jutaan organisme yang tak terlihat yang bisa jadi pemicu alergi penghuni rumah.