Shopping Cart

Soft Furniture Rumah Terdampak Banjir? Begini Cara Membersihkannya

Posted by HydroClean Indonesia on
Soft Furniture Rumah Terdampak Banjir? Begini Cara Membersihkannya

Ada cara efektif untuk membersihkan perabot rumah berbahan kain pasca terkena banjir, karena beberapa perabotan membutuhkan perlakuan khusus saat terendam air. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat proses cleaning pasca banjir, yang biasanya luput dari perhatian.

Beberapa waktu lalu, banjir menggenangi beberapa area di kota-kota besar. Pun ternyata curah hujan tinggi di awal hingga menjelang akhir Februari 2022 ini kembali mengkhawatirkan, karena berisiko pada kenaikan volume air. Di beberapa wilayah di Indonesia, air banjir bahkan bisa sampai masuk ke dalam rumah-rumah warga, dan tentu saja akan mengenai beberapa perabotan di rumahnya. Bagaimana, ya, membersihkannya? 

 

Baca juga: Virus Menempel di Perabot Rumah, Berapa Lama?

 

Hal-hal yang harus diperhatikan saat mitigasi banjir

1. Pastikan area sekitar rumah aman

Pertama, tentunya pastikan keadaan sekitar rumah sudah aman. Jika masih ada genangan air di sekitar rumah, berhati-hatilah saat akan memasuki rumah karena khawatir bangunan di sekitarnya rapuh akibat disusupi air. Perhatikan pula puing-puing atau benda berserakan lainnya di sekitar rumah. Misalnya kabel yang terbuka atau potongan kayu.
 
Pastikan aliran listrik sudah aman, telah dibersihkan dan dikeringkan, untuk menghindari risiko korsleting dan tersengat listrik. Sebaiknya tunggu keadaan sudah dikonfirmasi aman oleh petugas sebelum memasuki rumah. 
 

2. Menghubungi perusahaan asuransi jika ada

Jika rumah memiliki asuransi dan keadaan sekitar sudah aman, segera hubungi perusahaan asuransi untuk memastikan barang apa saja yang dapat ditangani, lalu buatlah daftar kerusakan barang apa saja yang dialami. 

3. Kuras genangan air

Setelah rumah sudah aman dimasuki, kuras genangan air secara perlahan. Sebaiknya gunakan ember atau pompa, sembari membuka pintu dan jendela lebar-lebar agar udara kering masuk menggantikan udara lembab di dalam rumah untuk mempercepat pengeringan udara. Keringkan dulu kabel-kabel di dalam rumah. 

 

Baca juga: Udara Lembab, Zona Nyaman Bakteri dan Virus

 

Langkah-langkah membersihkan area rumah pasca banjir

1. Dengan bantuan selang atau penyemprot

Untuk barang-barang yang terkontaminasi oleh lumpur sisa banjir, bersihkan dengan cara menyemprotkan air dengan bantuan selang atau semprotan penyiram kebun karena tenaga yang dihasilkan cukup kuat untuk menyeka lumpur yang tebal dari perabotan. 

2. Amankan dokumen penting 

Sedangkan untuk barang-barang seperti foto dan dokumen-dokumen penting lainnya berupa kertas, dibiarkan kering terlebih dahulu baru dibersihkan secara perlahan. Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dapat membantu warga yang terdampak banjir untuk merestorasi dokumen-dokumen penting asalkan naskah asli tidak hilang.

3. Menggunakan air panas atau disinfektan

Setelah menyeka perabotan dari lumpur atau kotoran tebal, bersihkan permukaan perabotan yang kotor dengan air panas dan sabun pembersih atau disinfektan untuk membunuh kuman-kuman yang tertinggal, terutama perabot makan dan dapur. Larutan disinfektan yang aman bisa didapatkan dengan mudah di toko offline dan online. 

 

Baca juga: Polusi Udara di dalam Rumah, Mungkinkah?

 

Membersihkan soft furniture yang terkena sisaan banjir

1. Pisahkan kain yang kotor dan bersih

Untuk barang-barang yang terbuat dari kain, misalnya pakaian, sarung bantal dan sprei, pisahkan terlebih dahulu antara yang kering sama sekali, yang terkena noda lumpur banjir dan yang basah tanpa noda. Cucilah kain-kain yang basah dan yg terkena noda dengan deterjen dan air hangat. 

2. Buang perabot setelah terendam 48 jam

Jangan ragu untuk membuang barang-barang yang terlihat rusak parah akibat rendaman air, misalnya kasur, karpet dan selimut, karena air akan menyebabkan terbentuknya jamur yang bisa menyebar dengan cepat dan membahayakan kesehatan. Biasanya setelah terendam 48 jam, barang-barang tersebut sudah sulit diselamatkan.

3. Vacuum soft furniture dari debu dan kotoran

Jika ada beberapa dari soft furniture tersebut yang masih bisa diselamatkan, misalnya hanya terkena basah di permukaannya, segera keringkan terlebih dahulu, kemudian vacuum untuk membersihkan debu-debu kotoran dan mikroorganisme yang ada di dalamnya secara efektif. Bisa juga menggunakan jasa vacuum profesional. Jangan sampai sisa-sisa kuman dari air banjir tertinggal dan berisiko memapari anggota keluarga. 

 

Baca juga: Pentingnya Kebersihan Soft Furniture Rumah saat Pandemi

 

Jasa vacuum dan sterilisasi profesional dari HydroClean

Bagaimana dengan bagian ruangan lainnya? Misalnya dinding, dan perabot besar lain seperti meja, bahkan ruangan di rumah yang lembab pasca banjir? Jasa vacuum debu dan tungau premium HydroClean memiliki layanan lain bernama Micro-Tech Ray yang dapat membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya lainnya dengan efektivitas 99,99% melalui teknologi penyinaran UV dan sinar ozon. 

 

Baca juga: Mengenal Manfaat Sinar UV dan Ozon untuk Kesehatan

 

Sinar UV dan ozon pada MicroTech-Ray mampu menembus ke sela-sela ruangan dan perabot, memungkinkan sterilisasi maksimal untuk membunuh bakteri, virus, jamur dan kuman-kuman penyebab penyakit yang tertinggal dari sisaan banjir. MicroTech-Ray juga ampuh mengurangi kelembaban ruangan yang terpapar banjir. Ruangan yang lembab tempat favorit bakteri dan jamur tumbuh subur. 

Kita bisa memanfaatkan jasa-jasa tersebut untuk membersihkan ruangan yang telah kering pasca terpapar air banjir. Kebersihan dan kesehatan perabot dan rumah pun jadi lebih terjamin. Dengan MicroTech-Ray, udara di rumah juga jadi lebih segar! Pesan di sini.  

Older Post Newer Post