Bakteri Ini Justru Baik untuk Tubuh, lho

Bakteri merupakan salah satu mikro organisme yang hidup di berbagai jenis lingkungan, termasuk di dalam tubuh manusia. Mikro organisme ini memiliki ciri berupa dinding selnya yang tipis tapi keras dan mempunyai membran sel yang seperti karet yang berfungsi melindungi isi dalam sel. Bakteri pun berkembang biak hanya dengan membelah diri. 

Mendengar kata bakteri, pasti kita langsung mengasosiasikan dengan penyakit dan infeksi. Tapi sebenarnya, hanya kurang dari satu persen bakteri yang menyebabkan penyakit. Sebagian besar bakteri tidak menyebabkan penyakit bagi manusia. Viruslah mikro organisme yang kebanyakan membawa penyakit jika menempel pada makhluk hidup karena sifat parasitnya. 

Contoh-contoh Bakteri Baik

Dengan kata lain, di dalam tubuh manusia pun terdapat bakteri baik. Bahkan, bakteri-bakteri ini berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan, detoksifikasi dan menyerap nutrisi di dalam sistem pencernaan manusia. Berikut beberapa jenis bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh:

Lactobacillus acidophilus

Lactobacillus acidophilus merupakan salah satu jenis probiotik atau bakteri baik yang hidup di dalam sistem pencernaan manusia. Probiotik ini berfungsi menjaga keseimbangan bakteri baik di pencernaan dengan cara menghasilkan asam laktat untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme berbahaya seperti bakteri penyebab diare. Lactobacillus acidophilus dapat ditemukan pada produk makanan fermentasi, seperti yoghurt, miso dan tempe.

Lactobacillus plantarum

Lactobacillus plantarum merupakan probiotik laktat dalam saluran pencernaan manusia. Bakteri ini dapat membantu meningkatkan imunitas untuk melawan infeksi bakteri penyebab penyakit. Cara kerjanya adalah dengan mendegradasi karbohidrat menjadi glukosa dan kemudian asam laktat. Asam tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. Probiotik ini dapat ditemukan pada produk makanan berupa susu, daging dan sayuran fermentasi seperti kimchi dan acar.

Bifidobacterium bifidum

Bifidobacterium merupakan bakteri baik yang dapat menunjang kualitas dan tumbuh kembang anak dalam jangka panjang. Jenis Bifidum ini paling banyak terdapat di membran sekitar usus besar dan saluran buang air. Bakteri ini akan bersaing di usus dengan organisme patogen untuk mendapatkan makanan. Jika jumlah bakteri ini cukup di dalam tubuh, patogen tersebut dapat luruh dan keluar dari dalam tubuh melalui saluran pencernaan. 

Cara kerjanya tersebut membuat bakteri jenis ini dapat mengurangi risiko terserang penyakit diare dan infeksi bakteri E.coli. Kita dapat menjaga keseimbangan bakteri ini di dalam tubuh adalah dengan rutin mengkonsumsi produk susu. 

Bifidobacterium jenis lain misalnya Bifidobacterium lactis juga banyak ditemukan di saluran pencernaan mamalia dan terdapat di produk olahan susu dan suplemen diet. Jenis bakteri dengan nama lain Bifidobacterium animalis ini dapat memecah zat sisa dalam tubuh dan membantu penyerapan vitamin dan mineral. 

Streptococcus thermophilus

Berbeda dengan jenis-jenis bakteri di atas, Streptococcus thermophilus pada umumnya tidak dapat bertahan hidup di saluran pencernaan. Streptococcus thermophilus dapat ditemukan pada produk makanan olahan susu yang difermentasi, misalnya yoghurt. Bakteri ini dapat memecah laktosa pada pada susu sehingga dapat lebih mudah dicerna. 

Menghindari Bakteri Penyebab Penyakit

Bakteri-bakteri tersebut di atas tentu tidak menyebabkan penyakit. Sedangkan bakteri penyebab penyakit datang dari luar tubuh manusia dan masuk melalui makanan dan udara yang kita hirup, kemudian menyerang bagian dalam tubuh tertentu. Jika jumlah bakteri jahat tersebut di dalam tubuh lebih banyak daripada jumlah bakteri baik, beragam gangguan akan timbul, termasuk gangguan kesehatan. 

Karena itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah. Mikro organisme yang tidak kasat mata dapat dengan mudah bergerak dan menempel pada manusia, pun sulit dibersihkan. Ada alat khusus yang dapat membantu menyingkirkan mikro organisme berbahaya seperti bakteri penyebab penyakit di rumah, misalnya alat vacuum debu dan tungau yang dimiliki jasa pembersih premium.

Selain alat vacuum, teknologi lampu dengan sinar UV juga mulai banyak digunakan secara komersil. Teknologi ini sudah dikenal lama dipakai untuk sterilisasi alat-alat medis karena efektivitasnya membunuh mikro organisme dan sangat efisien karena tidak meninggalkan residu. 

 

 

Referensi:

https://www.researchgate.net/publication/306010688_Kualitas_yoghurt_yang_dibuat_dengan_kultur_dua_Lactobacillus_bulgaricus_dan_Streptococcus_thermophilus_dan_tiga_bakteri_Lactobacillus_bulgaricus_Streptococcus_thermophilus_dan_Lactobacillus_acidophilu

http://alodokter.com 

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3849343/mengenal-bakteri-baik-di-dalam-tubuh-kita 

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *