Tradisi Bersih-Bersih Rumah Jelang Tahun Baru Imlek

Jelang Imlek yang tahun ini jatuh pada 5 Februari 2019, tradisi bersih-bersih rumah pun dilaksanakan oleh mereka yang merayakan Imlek. Apakah Anda termauk? Beberapa hari sebelum Hari Raya Imlek, jadi momen penting untuk membersihkan rumah. Pada saat Imlek justru dianggap tabu membersihkan rumah karena diyakini bisa mengusir keberuntungan yang datang pada hari itu. Mengutip China Highlight, masyarakat di sana mulai mendekorasi rumah 10 hari sebelum Imlek.

Tradisi membersihkan rumah jelang Imlek bagi etnis Tionghoa merupakan upaya membuang semua keburukan dan hal negatif yang menghambat datangnya keberuntungan. Sedangkan menurut Tionghoa.info, merayakan Imlek berarti pula merayakan hasil kerja keras selama setahun. Jadi, pada Hari H itulah saat yang tepat mengharapkan agar selalu mendapat keberuntungan dan kesejahteraan.

Sebagaimana Hari Raya yang lain semisal Idul Fitri atau Natal, Imlek juga merupakan momentum silaturahim keluarga, kerabat, dan kenalan. Agar acara bermakna ini menjadi nyaman dan menyenangkan tentunya kebersihan rumah jadi salah satu poin pentingnya.

Mengutip pakar Feng Shui dan arsitek, Jenie Kumala Dewi M.Arch, dalam femina.co.id, perabot rumah yang berantakan dan berdebu tidak hanya dapat menimbulkan gangguan atau alergi pernapasan, tapi juga menyebabkan perasaan tidak betah di rumah. Menurutnya, hal terpenting dalam rumah adalah aliran udara atau pergerakan energi dalam rumah yang lancar karena hal ini berpengaruh positif bagi penghuni rumah. Jadi, membersihkan rumah adalah upaya untuk mengalirkan energi positif ke dalam rumah.

Mulai dari mana membersihkan rumah?

Menurut beres. id, mulailah dari bagian rumah yang sulit terjangkau, yakni plafon, dinding bagian atas, dan belakang kabinet/perabot.

Pastikan AC dan kipas angin berfungsi dengan baik.

Langkah cepat tapi efektif untuk meningkatkan tampilan rumah adalah dengan mengecatulang dinding, pintu, dan jendela.

Jangan lupa membersihkan, merapikan, dan memperindah taman. Lenyapkan rumput liar, potong rumput, dan rapikan pot tanaman.

Kini giliran membersihkan interior atau pajangan rumah, semisal patung. Pajangan ini harus tampak bersih dan indah saat Imlek. Untuk menjaga keindahannya, rendamlah patung pada susu sapi cair murni selama 12 jam, lalu gosok dengan kain halus hingga bersih.

Untuk foto berbingkai, gunakan koran bekas yang dicampur air dan diperas hingga setengah kering untuk membersihkan bagian kaca. Lalu, gunakan kuas atau sikat gigi untuk membersihkan debu yang menempel pada pinggiran bingkai.

Untuk lukisan, gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam susu sapi untuk digosok ke permukaan lukisan. Setelah itu, bersihkan bekas susu dengan kapas yang dibasahi air bersih.

Kalau rumah sudah bersih, lantas tinggal mendekornya agar suasana rumah semarak dan bernapaskan Imlek. Dekorasi Imlek tak jauh-jauh dari warna merah dan emas.

Kalau waktunya sudah mepet dan Anda tak sempat bersih-bersih rumah, inilah saat yang tepat Anda memanfaatkan layanan HydroClean. Saat ini ada layanan inovasi bernama HydroClean Plus yang bukan sekadar menyedot debu dan tungau. Dengan layanan ini rumah Anda akan kinclong dan higienis menjelang Imlek.

Sumber tulisan:

http://www.femina.co.id/trending-topic/makna-beres-beres-jelang-imlek-

https://www.beres.id/blog/2017/01/12/persiapkan-rumah-menyambut-hari-raya-imlek-2017-dengan-5-jasa-ini/

https://artikel.rumah123.com/pajangan-rumah-pun-seperti-baru-lagi-28801

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *