Tips Perawatan Sofa Kulit Tetap Cantik

Sofa kulit memang klasik, dan banyak yang lirik. Apa pasal? Selain elegan kalau diletakkan di ruangan, sofa kulit juga nyaman digunakan. Supaya furnitur favorit ini tetap awet cantik ya perlu perawatan rutin. Yuk, simak tips perawatannya:

Bersihkan Secara Rutin

Sofa kulit yang dibersihkan secara berkala, warna dan teksturnya akan terjaga. Bersihkan setiap bulan dengan sikat khusus yang aman untuk material kulit. Kalau Anda membersihkan sofa kulit dengan mesin pengisap debu, gunakan ujung yang berbulu halus dan waspadai jangan sampai menggores permukaan kulit sofa.

Selain untuk melenyapkan debu, langkah ini juga untuk menghilangkan partikel-partikel kulit mati dan kotoran lain yang menumpuk pada permukaan kulit sofa. Pastikan Anda juga membersihkan pinggiran, jahitan, dan celah-celah sofa karena di daerah tersebut kotoran sering berkumpul. Jangan gunakan sembarangan sikat atau lap. Kalau sudah bersih, keringkan menyeluruh.

Lenyapkan Kotoran Sedini Mungkin

Kotoran di sofa kulit harus segera dilenyapkan. Pasalnya, semakin lama didiamkan, kotoran akan mengkristal alias membandel. Kotoran atau noda bandel tersebut asalnya bisa dari tumpahan air minum, debu, jamur, ataupun keringat. Lengan sofa kulit Anda biasanya merupakan bagian yang paling mudah kotor dan menghitam.

Adapun cara membersihkannya yakni basahi dengan air bersih kemudian lap dengan kain halus. Jangan menggosok-gosoknya, cukup tekan bagian sofa kulit yang kotor hingga kotoran terserap.

Jauhkan dari Sinar Matahari atau Panas Tinggi

Letakkan sofa kulit di ruangan yang tak terkena sinar matahari langsung atau paparan panas yang tinggi. Kalau hal ini terjadi untuk jangka panjang, jangan heran kalau sofa kulit Anda warnanya jadi kusam dan tekstur kulitnya berubah. Letakkan sofa kulit Anda setidaknya satu meter dari sumber panas. 

Pilih Cairan Pembersih yang Tepat

Jangan gunakan sembarang cairan pembersih untuk sofa kulit Anda. Pasalnya, pori tekstur kulit yang asli cepat menyerap cairan. Nah, penggunaan cairan pembersih yang tidak tepat bisa menyebabkan sofa kulit Anda menjadi belang warnanya. Penggunaan lotion untuk kulit lebih baik dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Antisipasi Kerusakan dengan Pelapisan

Kalau Anda punya sofa kulit baru, coba lapisi dulu sofa kulit Anda dengan pelapis khusus sebelum digunakan. Tapi, kalau telanjur sudah digunakan, ya apa boleh buat, lakukan saja pelapisan setelah membersihkannya lebih dulu dari semua debu dan kotoran.

Selain dilapisi material pelapis khusus, kulit sofa Anda juga bisa dilapisi pelembap kulit. Material kulit memang pada dasarnya memproduksi minyak untuk melapisi dan melindungi permukaannya dari retak-retak atau pecah-pecah karena terlalu kering. Kalau sudah cukup lama digunakan, sofa kulit mengalami penurunan produksi lapisan minyak alaminya. Untuk mengantisipasi hal ini, ganti kandungan minyak aslinya dengan produk perawatan bahan kulit yang tepat. 

Percayakan Perawatan pada Ahlinya

Kalau Anda ragu membersihkan sendiri sofa kulit Anda, percayakan saja perawatannya kepada profesional yang memang lebih memahami dan berpengalaman. Di HydroClean ada layanan Leather Rejuvenation untuk sofa kulit Anda. Servis ini khusus untuk mencerahkan warna sofa kulit dari noda membandel. Formulasinya berbahan dasar air yang aman bukan hanya untuk kulit sofa melainkan juga untuk kulit manusia karena pH netral, BPA free, biodegerable, dan waterbase. Tertarik mencoba?

Rujukan :

https://properti.kompas.com/read/2012/10/04/13525448/7.langkah.agar.sofa.kulit.kembali.cemerlang?page=all

https://www.dekoruma.com/artikel/39165/merawat-sofa-kulit

https://artikel.rumah123.com/merawat-sofa-kulit-agar-irit-27835