Sirkulasi Udara Rumah Tambah Oke dengan Lampu UV

Sirkulasi udara di rumah beperan penting dalam hal kenyamanan rumah. Semakin nyaman, semakin kita betah di rumah, ya kan? Salah satu sisi positif  yang kita suka ketika di adalah menghemat isi kantong. Banyak hal yang bisa kita lakukan kalau rumah kita nyaman. Kalau sumuk atau gerah, kita bawaannya mau nongkrong di mal atau kafe saja. Alhasil tanpa terasa kantong pun jadi bolong.

Nah, kalau Anda atau anggota keluarga ada yang tak betah di rumah, mungkin saja sirkulasi udara adalah biang keladinya. Yuk, kita beri perhatian pada sirkulasi udara di rumah kita!

Tiga Faktor yang Mempengaruhi Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara dalam sebuah rumah dipengaruhi oleh tiga faktor, yakni temperatur, kelembapan, dan pergerakan udara. Nah, supaya rumah bisa selalu nyaman, kita perlu menjaga keseimbangan ketiga faktor tersebut dengan kondisi iklim di luar bangunan rumah. Dengan begitu, kalau kondisi di luar rumah sedang panas, maka kondisi di dalam ruangan bisa tetap nyaman dengan cara udara yang sejuk atau dingin tetap mengalir.

Berikut beberapa cara agar rumah kita punya sirkulasi udara yang baik:

Bukaan Jendela

Jendela yang cantik boleh jadi menambah nilai tambah rumah Anda. Tapi, jangan lupakan juga fungsinya. Ukuran jendela sebaiknya cukup besar agar udara bebas masuk dan keluar rumah. Jendela sebaiknya juga mengarah ke Utara atau Selatan untuk menghindari cahaya langsung matahari. Kalau kadung menghadap Timur atau Barat, gimana?  Ada solusinya, pakai tirai atau penghalang sinar matahari jenis yang lainnya.

Buka jendela setiap hari agar udara dalam rumah berganti dengan udara yang baru.

Ventilasi Silang

Ventilasi silang maksudnya adalah ventilasi yang dibuat berhadapan pada dua sisi dengan ukuran yang berbeda. Tujuannya agar memudahkan udara masuk-keluar ruangan. Ventilasi yang semacam ini membantu kestabilan kelembapan sebuah ruang dalam rumah Anda.

Sebuah ruang setidaknya punya satu ventilasi. Untuk ruangan yang cukup besar sebaiknya ada dua atau lebih ventilasi. Jangan lupa secara rutin Anda membersihkan ventilasi dari debu dan kotoran. Kalau jarang dibersihkan, maka debu-debu yang melekat akan menghambat sirkulasi udara dalam ruangan.

Kehadiran Tanaman

Bukan berita baru bahwa hadirnya tanaman atau pohon di rumah bisa meneduhkan ruangan. Pohon atau tanaman bisa menghalangi radiasi sinar matahari ke dalam rumah sekaligus mampu mengalirkan udara sejuk.

Yang lagi trend saat ini adalah taman vertikal (vertical garden). Pada rumah yang luasnya terbatas (rumah sempit), taman vertikal sangat membantu untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik dalam rumah.

Ketinggian Plafon

Tinggi-rendahnya plafon rumah juga berpengaruh bagi sirkulasi udara dalam ruangan. Semakin tinggi plafon, maka semakin baik sirkulasi udara dalam rumah. Idealnya sih tinggi plafon rumah antara 2,8 meter hingga 3,2 meter.

Bentuk Atap

Bentuk atap juga bisa menyumbang bagi kenyamanan udara di rumah. Bentuk atap limas (joglo) memberikan pengudaraan (sirkulasi udara) pasif. Bentuk atap yang seperti ini bisa memerangkap udara panas dari luar rumah di antara ruang kosong atap dan plafon. Udara panas yang terkumpul dalam ruang tersebut tak langsung turun ke bawah, sehingga ruangan rumah tetap nyaman.

Penempatan Perabot

Agar sirkulasi di rumah bisa berlangsung dengan baik, maka perabot atau furnitur rumah harus ditata tak menghalangi perjalanan udara di dalam rumah. Aturlah perabot rumah dengan baik, sehingga masih tersisa ruang lapang bagi masuk dan keluarnya udara dalam rumah.

Kipas Angin dan AC

Kipas angin dan AC bisa membantu melancarkan sirkulasi udara dalam ruangan. Tapi, ada tapinya nih, jangan lupa membersihkannya dari debu dan kotoran secara rutin. Paling tidak dua minggu sekalilah. Letakkan kipas angin di dekat ventilasi untuk memaksimalkan sirkulasi udara dalam rumah. Kalau menggunakan AC jangan lupa untuk menutup rapat ruangan agar jangan sampai ada energi listrik terbuang sia-sia.

Ventilasi Tambahan

Kalau bentuk atap merupakan pengudaraan (sirkulasi) pasif, maka extractor dan exhaust-fan adalah pengudaraan tambahan yang aktif. Piranti tersebut merupakan tambahan untuk sirkulasi udara semisal di dapur dan kamar mandi. Kalau Anda menggunakan piranti ini jangan lupa membersihkannya secara rutin.

Kalau sirkulasi udara rumah sudah baik, bereslah sudah. Eiiitsss..! nanti dulu. Sirkulasi udara yang baik memang salah satu faktor rumah sehat. Tapi, udara yang lancar bukan berarti bebas kuman lho! Untuk tambah menyehatkan udara rumah, maka perlu langkah selanjutnya yakni membebaskan rumah dari kuman. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan MicroTech-Ray. Teknologi ini merupakan penyinaran dengan ultra-violet (UV) dan ozon (O³) untuk mencegah infeksi kuman.

Sebagaimana penyaringan air isi ulang agar higienis, udara pun bisa disterilkan dengan Micro-Tech-Ray. Sebagaimana diketahui, Ozon (O3) merupakan salah satu gas yang membentuk atmosfer. Berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, molekul ozon secara tak langsung (melalui proses kimia terlebih dahulu di laboratorium) bisa dimanfaatkan dalam proses sterilisasi.

Molekul ozon juga berperan sebagai pembersih atmosfer yang efisien dari polutan-polutan udara yang mengapung di atmosfer. Reaksi polutan-polutan udara dengan molekul ozon, akan mengikat polutan udara. Secara tidak langsung, molekul ozon yang bereaksi dengan zat polutan udara tersebut akan membentuk gas oksigen (O2).

Anda tertarik pada teknologi tersebut? Nah, HydroClean yangmerupakan pioner jasa premium pembersih tungau dan debu, kini menyediakan layanan baru dengan teknologi tersebut. MicroTech–Raymerupakan layanan canggih yang menggunakan sinar UV dan ozon untuk mencegah infeksi yang menghalangi pertumbuhan mikroorganisme dan mematikan bakteri, kuman, serta virus dengan efektivitas hingga 99,9%.

Dengan menggunakan lampu UV, setiap ruangan di rumah Anda akan disinari selama 30-60 menit (tergantung luas ruangan). Jadi, pengaplikasiannya per ruangan. Setelah penyinaran ini, udara di ruangan-ruangan rumah Anda selain bersih dari debu dan tungau, juga bebas dari kuman penyakit. Jangan ragu, mari manfaatkan layanan baru ini!

Sumber :

http://jasaarsitekjakarta.com/tips-tips-menghadirkan-sirkulasi-udara-yang-baik-bagi-rumah-tinggal/

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2339672/agar-sirkulasi-udara-rumah-berjalan-dengan-baik

https://id.wikipedia.org/wiki/Ozon