Liburan di Musim Hujan, yang Penting Jaga Kesehatan!

Liburan akhir tahun memang bisa jadi sarana men-charge energi dan mempererat rasa kekeluargaan. Jadi, layak untuk direncanakan dan dilaksanakan! Masalahnya, bagaimana kalau masa liburan berbarengan dengan musim hujan? Alih-alih senang malah manyun karena liburan terhalang hujan dan kesehatan badan yang terganggu, semisal karena flu. Virus influenza memang ada di mana-mana kalau sedang musim hujan. Flu, batuk, sesak napas, pilek, masuk angin, penyakit kulit dan demam berdarah, merupakan daftar penyakit yang sering dijumpai saat musim hujan.

Agar liburan akhir tahun bisa berlangsung menyenangkan, Anda dan keluarga sebaiknya menjaga kebersihan lingkungan rumah dan badan. Kebersihan rumah bisa berupa mencegah debu dan tungau bersarang di soft furniture yakni matras atau tempat tidur, karpet, gorden, dan sofa. Jangan lupa, saat musim hujan Matahari pelit memberikan sinarnya. Jadi kita kesulitan menjemur soft furniture agar tetap kering dan dijauhi tungau.

Kelembapan yang tinggi saat musim hujan membuat kuman bakteri, virus, dan jamur, serta vektor (pembawa) penyakit yakni nyamuk berkembang biak dengan pesat. Tak heran kan kalau tubuh kita rentan terserang penyakit musim hujan semisal flu dan demam berdarah. Untuk mencegahnya, pastikan lingkungan dan tubuh Anda dalam kondisi higienis. Cuci tangan sangatlah penting. Banyak kuman masuk melalui tangan, bisa dari makanan, dari menyentuh wajah atau bagian tubuh yang lain dengan tangan. Biasakan cuci tangan setiba di rumah sehabis berpergian, sebelum dan sesudah makan, juga setelah menggunakan toilet.

Guyuran hujan biasanya membawa sampah dan kotoran, membuat lingkungan jadi lebih kotor dari sebelumnya. Genangan air pun menjadi habitat nyamuk untuk pesat berkembang biak. Alhasil, rumah bisa jadi penuh nyamuk. Tapi, jangan khawatir, kalau Anda ingin pemberantasan nyamuk secara profesional ada layanan HydroClean Plus Room Insect Repellent. Layanan ini memberi perlindungan bagi para penghuni rumah dari serangga selama 2-4 minggu.

Sedangkan kebersihan badan dilakukan dengan cara sering mencuci tangan, menggunakan pakaian yang bersih dan kering, serta mengonsumsi makanan bergizi semisal yang kaya vitamin C.

Perlu diketahui, saat musim hujan, tubuh menyesuaikan diri. Metabolisme biasanya melambat. Proses penyesuaian ini biasanya menurunkan atau melemahkan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh kita. Saat sistem imun kita melemah, maka penyakit mudah menyerang. Makanya, konsumsi sayur dan buah yang sarat vitamin C sangat dibutuhkan.

Meskipun selama musim hujan Anda jarang merasa haus, tapi jangan lupakan minum air putih yang memenuhi kebutuhan tubuh yakni 8 gelas (sekitar 1,5 liter) sehari.

Upaya lain yang perlu kita perhatikan agar tetap sehat di musim hujan adalah istirahat atau tidur yang cukup. Cukup tidur akan memulihkan stamina Anda dan mereparasi sel-sel tubuh yang rusak. Nah, supaya Anda bisa tidur dengan nyenyak tentunya harus didukung matras atau temat tidur yang bersih, bebas debu, dan tungau. Begitu juga dengan bantal, sprei, gorden, dan karpet kamar tidur. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan layanan HydroClean yang merupakan pioner jasa premium pembersih tungau dan debu yang profesional. Layanan ini tersedia di 18 kota besar di Indonesia.

Tips tambahan

Berikut ini tips tambahan saat Anda dan keluarga akan berangkat liburan:

Jangan bosan mengecek prakiraan cuaca

Zaman now ini Anda bisa mengecek prakiraan cuaca dari aplikasi di ponsel pintar. Jadi, tak harus menghidupkan TV atau membeli koran. Coba Anda simak akun media sosial atau situs online Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Selalu sedia payung dan jas hujan

Agar liburan Anda dan keluarga tak terhambat hujan yang mendadak turun, sedia payung dan jas hujan di mana pun ke mana pun. Dengan mencegah Anda kehujanan, berarti menghindari datangnya penyakit karena Anda tak berbasah-basahan. Kondisi basah selain Anda ditawan rasa dingin juga akan melemahkan daya tahan tubuh.

Pilih pakaian yang tebal agar badan jadi hangat

Pergi berlibur saat musim hujan, baju hangat jangan dilupakan. Pasalnya, bisa saja udara mendadak jadi lebih dingin sehingga Anda bisa masuk angin. Bawa juga kantong plastik untuk tempat baju basah atau baju kotor. Baju tipis tinggalkan saja dulu di rumah selama masa liburan di musim dingin. Lebih-lebih kalau Anda akan banyak berjalan-jalan di luar.

Pilih destinasi wisata yang punya atap

Mengunjungi museum atau wisata kuliner atau menonton pertunjukan semisal sirkus, teater, atau opera selama musim hujan ada baiknya. Kalau wisata alam semisal menyusuri pantai, ke air terjun, atau naik gunung akan mengkhawatirkan karena cuaca sedang tidak bersahabat dan bisa mendadak gawat. Jadi, pilih saja destinasi yang sekiranya tidak menyusahkan atau mengurangi kegembiraan Anda dan keluarga saat liburan karena dihadang hujan.

**

Sumber:

https://bidanku.com/8-tips-pintar-menjaga-kesehatan-saat-musim-penghujan (diakses pada 6 Desember 2018).

https://doktersehat.com/jaga-kesehatan-ya-saat-musim-hujan-dengan-5-tips-ini (diakses pada 6 November 2019).

https://travel.kompas.com/read/2018/10/10/152349427/tips-menentukan-destinasi-liburan-di-musim-hujan (diakses pada 6 Desember 2018).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *