Lebaran Tanpa Debu dan Tungau, Yuk!

Lebaran identik dengan lembaran baru yang suci. Artinya, benar-benar ber-sih. Jadi tak heran menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, bersih-bersih rumah masuk prioritas. Termasuk membersihkan karpet, gorden, sofa, mat-ras atau kasur berikut bantal. Pokoknya saat Lebaran rumah harus bersih, bebas debu dan tungau agar keluarga dan para tamu yang berkumpul di ru-mah bisa bersilaturahim dengan nyaman.

Bicara soal bersih-bersih rumah, mungkin Anda kadang bingung dari mana memulainya. Untuk gampangnya, coba bersihkan debu dan kotoran mulai dari atap lalu turun ke bagian di bawahnya agar debu dan kotoran berakhir di lantai. Dengan begitu Anda tak akan bolak-balik berlainan arah saat mem-bersihkan debu dan kotoran di rumah. Pada akhirnya, Anda tinggal mem-bersihkan debu dan kotoran yang mengumpul di lantai.

Setelah itu, barulah membersihkan detail-detail bagian rumah. Bagi saja jadi 2 bagian pembersihan, di dalam dan di luar rumah:

BAGIAN DALAM RUMAH

Membersihkan bagian dalam rumah mulailah dari barang-barang yang sering dihinggapi debu dan tungau, yaitu sofa, karpet, gorden, kasur. Setelah itu, ke barang-barang yang lainnya:

Sofa

Furnitur satu ini tentunya sangat berjasa bagi kita. Sofa adalah tempat menempatkan tubuh kita saat berbincang dengan para tamu atau anggota kelurga. Sofa juga tempat kita menyerahkan badan kala lelah. Jadi, pantas dong kalau Anda memberi perhatian lebih padanya menjelang Lebaran ka-rena benda rumah yang satu ini pastinya sangat fungsional. Kalau Anda tak pintar membersihkan sofa, kenapa tak memanfaatkan jasa membersihkan sofa yang profesional. Selain sofa jadi bersih, juga bebas bau.

Karpet

Karpet adalah benda yang sering kita gunakan di rumah. Benda ini selain mempercantik tampilan rumah, juga sering berfungsi melindungi lantai atau telapak kaki penghuni rumah dari dinginnya lantai. Sebegitu bergunanya karpet, maka menjelang Lebaran sudah sepantasnya benda rumah ini jadi perhatian kita. Anda bisa me-laundry-nya ataupun yang lebih praktis adalah dengan menyedotnya.

Gorden

Agar gorden tampak bersih dan menawan saat Lebaran, sebaiknya dicuci bersih. Tapi, masalahnya gorden itu bermacam-macam modelnya. Ada yang simpel, ada pula yang ribet semisal penuh rimpel-rimpel, rumbai-rumbai, pita atau kerutan, sehingga ketika melepasnya atau memasangnya kembali bikin repot. Lebih-lebih kalau rumah Anda besar dengan bayak jendela yang bergorden. Ada cara yang lebih praktis yakni dengan menyedotnya, se-hingga debu berikut tungau yang bersarang di gorden bisa lenyap tanpa bi-kin Anda repot.

Kasur

Meski para tamu yang datang ke rumah jarang yang masuk kamar, tapi kebersihan kasur bukan hal yang bisa Anda cuekin menjelang Lebaran. Ka-lau hati kita menjadi bersih sampai ke relung-relungnya saat Lebaran, begitu juga dengan rumah, bersih sampai ke kasur dan bantal. Gantilah sprei dan sarung bantal dengan yang bersih dan cantik sesuai tema Lebaran yang Anda pilih. Jemur kasur dan bantal sebelum Hari Lebaran agar tungau mati. Atau bisa juga Anda mem-vakumnya. Tapi, kalau Anda tak mau repot-repot, panggil saja jasa sedot debu dan tungau yang profesional.

Peralatan Makan

Keluarkan peralatan makan yang sekiranya akan digunakan selama Lebaran. Berapa jumlah tamu yang akan berkunjung dan Anda jamu makan? Cukupkan jumlahnya dan mulailah mencucinya dan menyiapkannya. Hal ini penting agar Anda tak mencari-cari sesuatu barang ketika tamu sudah da-tang.

BAGIAN LUAR RUMAH

Kalau bagian dalam rumah sudah bersih, kini Anda bisa beralih ke bagian luar rumah:

Atap

Menjelang Lebaran, tak ada salahnya Anda memeriksa keamanan dan kebersihan atap rumah. Juga talang-talang air. Adakah yang bocor atau pecah sehingga butuh untuk ditambal atau diperbaiki? Selain rumah akan tampak indah dari luar, keamanan penghuni rumah jadi terjaga karena terhindar dari kebocoran atap atau mampetnya talang air. Ganti genteng yang pecah dan perbaik talang yang mampet atau pecah.

Jendela

Kalau jendela bagian dalam sudah sering Anda bersihkan, kini giliran jendela bagian luar. Bersihkan semua debu dan kotoran yang menempel di jendela. Buatlah jendela-jendela Anda benar-benar bersih sehingga tampak indah di pandang dari luar rumah.

Dinding

Bersihkan dinding rumah dari semua debu dan kotoran. Kalau perlu cat ulang agar tampak bersih dan segar.

Halaman

Kesan pertama sebuah rumah bisa dilihat dari teras atau halamannya. Maka jangan segan-segan Anda membersihkan teras dan halaman rumah Anda menjelang Hari Raya. Gunting atau potong tanaman yang pertumbuhannya sudah ke mana-mana. Rapikan ranting-ranting pohon yang mengganggu lalu-lintas orang saat keluar-masuk rumah atau yang tak lagi sedap dipandang. Pangkas rumput yang panjang.

Saat di dalam dan di luar rumah Anda sudah bersih, maka Anda akan siap dan percaya diri menyambut para tamu saat Lebaran. Kerabat, kenalan, tetangga, teman, semuanya akan merasa nyaman bertamu di rumah Anda. Lebih-lebih bagi para penghuni rumah yang biasanya berkumpul pada Hari raya.

Kalau Anda tak punya waktu banyak untuk bersih-bersih rumah atau tak mau repot-repot, manfaatkan saja jasa penyedot debu dan tungau yang profesional. Anda bisa panggil HydroClean yang merupakan pioner jasa pre-mium pembersih debu dan tungau. Dengan layanan di 18 kota, HydroClean punya layanan profesional, di antaranya: HydroClean Plus Odour Busting, HydroClean Plus Sensio Baby, HydroClean Plus Rejuvenation, HydroClean plus Room insect Repellent. Ayo, wujudkan Lebaran tanpa debu dan tungaudi rumah Anda!

*

Rujukan:

https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/prynog414/cara-mudah-bersihbersih-rumah-selama-libur-lebaran

https://www.kompasiana.com/denik13/5b209a55dd0fa809b4053ca2/men-jelang-hari-lebaran-saatnya-bersih-bersih

https://cantik.tempo.co/read/1095491/sebelum-lebaran-lakukan-5-perawa-tan-rumah-ini-agar-bersih-total/full&view=ok

https://www.merdeka.com/gaya/5-daftar-kegiatan-bersih-bersih-rumah-jelang-lebaran.html

Spread the love