Gak Pernah Ganti Bantal? Ini Risikonya!

Bantal pastinya barang akrab bagi setiap orang. Ya, siapa sih yang tak kenal bantal? Soft furniture yang satu ini memang pendukung kenyamanan tidur dan pelengkap interior rumah. Tapi, seberapa pedulinya sih Anda pada bantal? Kapan terakhir kali Anda mengganti bantal? Setahun lalu? Dua tahun lalu? Kalau tak ingat, malah gawat! Pasalnya, Nationalgeographic.co.id menulis risiko apa saja yang mesti Anda tanggung kalau tak pernah mengganti bantal.

Dalam tulisan berjaring http://nationalgeographic.grid.id/read/131598460/belum-pernah-ganti-bantal-beberapa-hal-ini-bisa-saja-anda-alami tersebut, para pakar menyarankan agar secara berkala kita mengganti bantal, paling tidak sekali dalam 2 tahun. Kenapa 2 tahun? Bantal yang sudah digunakan selama 2 tahun, 10 persen dari beratnya merupakan tungau, debu, dan sel-sel kulit mati kita. Kalau bantal Anda tampak bersih, sebenarnya itu kelihatannya aja lho, sebenarnya sih sudah dihuni ratusan tungau. Kalau Anda atau anggota keluarga Anda punya alergi, malah National Sleep Foundation menyarankan mengganti bantal setiap 6 bulan sekali. Wah, nambah-nambahin pengeluaran dong!

Dokter ahli kebersihan, Lisa Ackerley, menyatakan, tungau yang sembunyi dalam bantal, termasuk kotorannya, bikin kita gampang terkena alergi kulit, bersin-bersin, mata gatal dan berair, sakit tenggorokan, hingga memperburuk asma. Yang menjijikkan, penyebab gejala dan penyakit tersebut bukan hanya disebabkan oleh tungaunya, melainkan juga oleh kotoran tungau. “Tungau sendiri tidak membawa penyakit, tetapi enzim dalam kotoran tungaulah yang membawa penyakit,” kata Dr. Ackerley.

Bantal yang tak pernah diganti atau yang tidak rutin dibersihkan, juga akan menimbulkan jerawat di wajah akibat terpapar bakteri dari bantal. Jerawat tentunya bisa menganggu tampilan kecantikan wajah Anda, bukan? Lebih-lebih buat Anda yang gampang bolak-balik jerawatan, hal ini tentunya bikin bete, bahkan terasa menyiksa.

Semua dampak buruk tersebut di atas bukan hanya terjadi pada bantal lho…. Bisa juga terjadi pada soft furniture yang lainnya, yakni kasur, sofa, karpet, dan gorden. Tungau, debu, bakteri, bisa bersembunyi pada semua barang-barang tersebut.Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghambat pertumbuhan tungau, seperti yang disarankan Dr. Ackerley:

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghambat pertumbuhan tungau, seperti yang disarankan Dr. Ackerley:

  1. Secara rutin mem-vacuum bantal dan seprai. Menjemur bantal dan mengurangi kelembapan kamar.
  2. Melindungi bantal dengan pelindung berupa sarung anti-alergi.
  3. Kalau Anda tak bisa mengganti bantal, paling tidak Anda harus rutin mencucinya, termasuk mencuci sarungnya.

Kalau Anda tak sempat mem-vacuum atau mencuci bantal, kasur, sofa, karpet, dan gorden, kenapa tak memanfaatkan HydroClean Service. Servis pembersih tungau dan debu untuk soft furniture ini menggunakan HydroAllergenic System, yakni teknologi separator, 100% kering, dan bebas bahan kimia. Malah kini ada layanan HydroClean Plus yang bukan sekadar sedot debu dan tungau. Inovasi terbarunya berupa SensiBio Baby, Room Insect Repellent, Odour Busting, dan Leather Rejuvenation. Semua servis HydroClean Plus menggunakan formulasi yang sangat aman, bahkan untuk bayi yang baru lahir.

Mau tahu apa saja keunggulan SensiBio Baby Service?

  1. Merupakan layanan yang bersifat non-toxic sanitizer khusus untuk peralatan dan soft furniture (matras, sofa, karpet, gorden) bagi bayi dan orang dewasa yang sensitif.
  2. Menggunakan formulasi yang sangat aman karena bebas: alkohol, sabun (SLS, SLES), dan bahan kimia berbahaya seperti parabens, formaldehid, petroleum.
  3. Berbasis sanitizer kering yang ditujukan untuk membunuh kuman dan membersihkan kotoran pada peralatan dan soft furniture.
  4. Formulasi layanannya berdasarkan rekomendasi dokter anak kelas dunia yang cocok digunakan bagi bayi baru lahir hingga orang dewasa yang sensitif.

Bagaimana dengan Room Insect Repellent?

Merupakan layanan insektisida rumah tangga untuk mengendalikan serangga, yakni nyamuk, kecoa, lalat, rayap, semut, kutu, dan sejenisnya. Layanan ini menerapkan teknologi “Time Release”, bahan aktif akan dilepaskan secara konstan dan perlahan-lahan hingga maksimal satu bulan untuk satu kali aplikasi.

Bahan aktif yang dilepas ke ruangan bersifat aman, termasuk bagi hewan peliharaan (pet). Insektisida ini tak akan menimbulkan bau ataupun noda. Juga bersifat ramah lingkungan, di antaranya karena menerapkan non-aerosol spray.

Sedangkan Odour Busting merupakan layanan untuk memperbaharui soft furniture Anda sehingga jadi tampak baru dan tidak bau. Adakalanya penghuni rumah atau tamu tanpa sengaja menumpahkan kuah makanan semisal gulai atau sop daging pada soft furniture. Kalau dibiarkan, lama-lama akan menimbulkan bau yang menyengat. Nah, kalau udah gini, yang namanya HydroClean Plus Odour Busting Service bisa menjadi solusi Anda.

Sementara Leather Rejuvenation Service merupakan layanan yang akan membuat sofa kulit Anda menjadi lebih cerah. Bahan-bahan pembersih yang digunakan formulasinya berbahan dasar air (waterbase) yang aman bagi kulit manusia, pH yang netral, BPA Free (bahan bebas dari BisPhenol-A, yakni zat kimia sintetis yang biasa digunakan pada beragam produk, semisal botol bayi), dan Bio-Degradable (terurai secara alami).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *