Shopping Cart

Mencegah Alergi dan Gatal-gatal dengan Menjaga Kebersihan Soft Furniture

Posted by HydroClean Indonesia on
Mencegah Alergi dan Gatal-gatal dengan Menjaga Kebersihan Soft Furniture pakai jasa HydroClean

Alergi dan gatal-gatal bisa disebabkan oleh banyak faktor. Menurut dokter spesialis anak sekaligus founder dari platform Tentang Anak, dr. Mesty Ariotedjo, penyebab alergi terbanyak di Indonesia adalah debu dan tungau, susu sapi, telur dan polen atau serbuk sari dari tanaman. 

Mencegah alergi dan gatal-gatal akibat debu dan tungau dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan soft furniture seperti kasur, sofa dan karpet, soalnya tungau yang kotorannya mengandung enzim pemicu alergi, senang tinggal di tempat hangat dan lembab seperti soft furniture. 

Dengan menjaga kebersihan soft furniture, juga membantu mengurangi jumlah debu dan tungau yang dapat menyebabkan alergi dan gatal-gatal. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kebersihan soft furniture:

  1. Bersihkan secara teratur: untuk menjaga kebersihan soft furniture, penting untuk membersihkannya secara teratur. Ini dapat membantu mengurangi jumlah debu dan bakteri yang dapat menyebabkan alergi dan gatal-gatal.
  2. Hindari makan dan minum di atas soft furniture: untuk menjaga kebersihan soft furniture, hindari makan dan minum di atasnya. Ini dapat mengurangi risiko terjadinya tumpahan yang dapat menyebabkan bakteri dan kuman berkembang.
  3. Gunakan vacuum cleaner: menggunakan vacuum cleaner dapat membantu menghilangkan debu dan kotoran yang terakumulasi di permukaan soft furniture. Pastikan untuk menggunakan suction yang cukup kuat untuk menghisap debu dan kotoran yang terjebak di celah-celah.
  4. Anda bisa manfaatkan jasa sterilisasi ruangan secara berkala untuk memastikan mikroorganisme di area kamar mati dan kelembaban berkurang agar daya hidup tungau juga berkurang. 

Dengan menjaga kebersihan soft furniture secara teratur, Anda dapat membantu mencegah alergi dan gatal-gatal. Selain itu, pastikan untuk mengganti furnitur secara berkala untuk menjaga kualitasnya dan mengurangi risiko alergi dan gatal-gatal.

 

Tentang tungau

Tungau adalah hewan mikroskopik yang umum dijumpai di tempat-tempat lembab dan hangat seperti pada soft furniture di rumah, karena tungau memakan serpihan kulit mati manusia yang banyak terdapat di soft furniture terutama kasur. 

Tahukah Anda, sepertiga hidup kita dalam sehari berada di atas kasur. Terbayang, 'kan, seberapa banyak serpihan sel kulit mati yang kita jatuhkan? Seberapa banyak tungau yang mendiami kasur kita?

Makanya, kasur yang kita pikir paling bersih ternyata bisa menjadi tempat paling kotor di rumah. 

Tungau debu rumah (TDR) adalah alergen terbanyak di dalam rumah. WHO memperkirakan 50-80% asma dan rhinitis di dunia disebabkan oleh TDR.[1]

 

Kenapa tungau berbahaya? 

Enzim pada kotoran tungau dapat memicu gejala-gejala alergi seperti asma, sinusitis, gatal, bentol-bentol, sampai rinitis alergi dan dermatitis atopik. 

Tungau berukuran mikroskopik, tentunya kotorannya lebih kecil sehingga mudah terhirup, bahkan saat kita tidur. 

 

Apa perbedaan antara tungau debu dan kutu busuk?

Kutu busuk lebih besar ukurannya dari tungau debu, dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Orang kadang bingung antara kutu dan tungau debu karena mereka tinggal di tempat tidur, karpet, dan gorden. Dan seperti tungau debu, kutu juga dapat menyebabkan reaksi alergi.

Perbedaan utamanya adalah: kutu busuk benar-benar menggigit manusia dan memakan darah mereka. Tungau debu dapat mengiritasi kulit kita, tetapi tungau tidak menggigit.[2]

 

Berapa banyak tungau di kasur?

Tempat tidur adalah habitat utama tungau debu dan kasur biasa mungkin memiliki sekitar 100.000 hingga 10 juta tungau di dalamnya. Satu tungau debu menghasilkan sekitar 20 kotoran sehari, masing-masing mengandung protein yang membuat banyak orang alergi.[3]

 

Apa itu HydroClean®️ Vacuum?

Jasa sedot atau vacuum tungau dan debu dengan menggunakan HydroAllergenic®️ System berteknologi separator, yang memiliki daya hisap lebih dari 20.000 rpm dan mampu memisahkan udara, partikel debu dan tungau.

Tungau yang terhisap akan terperangkap di air dengan metode pengisolasian 99.99% dalam media air sehingga tidak berterbangan ke udara. Layanan vacuum ini 100% kering dan bebas bahan kimia sehingga aman untuk bayi.

 

Mengapa tungau di-vacuum?

Dengan vacuum, debu dan tungau tidak akan beterbangan ke area soft furniture yang lain sehingga proses pembersihan lebih efektif tanpa risiko mengontaminasi area lain di rumah. Pesan HydroClean sekarang di sini, yuk! 

 

 

 

REFERENSI:

[1] http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/Meditek/article/view/1751 

[2] https://www.healthline.com/health/dust-mites-bites#takeaway

[3] https://www.straitstimes.com/singapore/health/dangers-of-dust-mites-6-things-to-know-about-these-tiny-bugs-lurking-in-your-home#:~:text=Beds%20are%20a%20prime%20habitat%20for%20dust%20mites%20and%20a,place%20where%20dust%20mites%20thrive 

Older Post Newer Post